Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar

Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), Alat Peraga, Gain Ternormalisasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model Realictic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian kuantitatif dengan one grup pretest- post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Maros dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre-test 21,10 sedangkan rata-rata post-test 76,67. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,74 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 <  = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Pada post-test juga memperlihatkan bahwa 24 dari 30 peserta didik (80 %) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model Realisctic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga efektif terhadap presetasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afroh, E. (2010). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Diunduh di http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/90ac0c73b19905ad.pdf

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: PT. Grafindo Persada. Cet ke-10.

Fathurrohman, M. (2014). Model-Model Pembelajaran Motivatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Cet ke-6.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Karso. (2009). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mohammad, S. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muhibbin, S. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nasir, A. M. (2013). Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM Makassar.

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Nursuprianah, I., Ani, A. (2010). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Keliling Dan Luas Lingkaran. EduMas, 2(1) hal 73-80.

Rahmawati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Geometri melalui Penerapan Model Realistic Mathematics Education pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 13 Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Maros: STKIP YAPIM Maros.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum K13. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Cet II.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta. Cet III.

Published
23-03-2019
How to Cite
Nasir, A. M., Sari, I. E., & Yasmin, Y. (2019). Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(1), 22-32. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1246
Section
Regular Articles