Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model Realictic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian kuantitatif dengan one grup pretest- post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Maros dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre-test 21,10 sedangkan rata-rata post-test 76,67. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,74 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 < = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Pada post-test juga memperlihatkan bahwa 24 dari 30 peserta didik (80 %) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model Realisctic Mathematic Education (RME) dengan menggunakan alat peraga efektif terhadap presetasi belajar.
Downloads
References
Afroh, E. (2010). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Diunduh di http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/90ac0c73b19905ad.pdf
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: PT. Grafindo Persada. Cet ke-10.
Fathurrohman, M. (2014). Model-Model Pembelajaran Motivatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Cet ke-6.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Karso. (2009). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mohammad, S. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Muhibbin, S. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasir, A. M. (2013). Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM Makassar.
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nursuprianah, I., Ani, A. (2010). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Keliling Dan Luas Lingkaran. EduMas, 2(1) hal 73-80.
Rahmawati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Geometri melalui Penerapan Model Realistic Mathematics Education pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 13 Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Maros: STKIP YAPIM Maros.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum K13. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Cet II.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta. Cet III.
Copyright (c) 2019 A. Muhajir Nasir, Intan Eka Sari, Yasmin Yasmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.