Pengembangan Media Monopoli Bermuatan Kearifan Lokal Sasambo untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5599Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kearifan Lokal Sasambo, Hasil Belajar IPAS, MonopoliAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV, mengingat rendahnya pemahaman siswa terhadap materi keragaman budaya dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual, sehingga pengembangan media monopoli berbasis kearifan lokal Sasambo diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli bermuatan kearifan lokal sasambo pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV yang telah diuji tingkat kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas IV SDN 26 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket dan tes. Adapun hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 89% dan dari ahli materi sebesar 85,7% dengan kriteria sangat layak. Kemudian, hasil angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 97,7% dengan kriteria sangat layak, angket respon siswa pada uji kelompok kecil tahap 1 sebesar 98,1% dan tahap 2 sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak serta hasil uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 93,4% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, hasil rata-rata pre test siswa memperoleh nilai 55,31 dan hasil rata-rata nilai post testnya yaitu 89,37. Hal tersebut menunjukkan bahwa media monopoli dikategorikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 26 Cakranegara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli bermuatan kearifan lokal sudah layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
Downloads
References
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076-5085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026
Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522-1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170175. https://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Aslam, A., Ninawati, M., & Noviani, A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Tinggi. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156
Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203
Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R., & Negara, I. G. A. O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168-174. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.32466
Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809-1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1537
https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219
Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P. A., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Journal of Elementary Education, 4(6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf
Lailiya, R. I. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1).
Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275-282.
Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. Sport-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54-66. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055
Muhroji, M., & Yusrina, H. (2018). Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Jimbung Klaten. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6457
Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Bukber (Buku BerGambar) Berbasis Kearifan Lokal Daerah Setempat Untuk Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 356–362. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1155
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media pembelajaran. Parnawi, Afi. (2020). Psikopogi Belajar. Yogyakarta: Cv Budi Utama
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Ramdani, A., Jufri, AW, Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender Menggunakan Bahan Ajar IPA Berbasis Siklus 5E Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. http://dx.doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Rosdiana, M., Hidayat, J. N., & Prijambodo, R. F. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains pada Siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v1i2.9
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1),35-42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Sari, D. O., & Listyarini, A. S. I. (2018). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2). https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2260
Syamsijulianto, T. (2020). Media Pembelajaran Mobuya Untuk Pembelajaran Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1),10. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.23971
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.