Pengembangan Media Monopoli Bermuatan Kearifan Lokal Sasambo untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 Cakranegara

Authors

  • Ririn Ika Andriana Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram
  • Ilham Handika Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5599

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Kearifan Lokal Sasambo, Hasil Belajar IPAS, Monopoli

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV, mengingat rendahnya pemahaman siswa terhadap materi keragaman budaya dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual, sehingga pengembangan media monopoli berbasis kearifan lokal Sasambo diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli bermuatan kearifan lokal sasambo pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV yang telah diuji tingkat kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas IV SDN 26 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket dan tes. Adapun hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 89% dan dari ahli materi sebesar 85,7% dengan kriteria sangat layak. Kemudian, hasil angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 97,7% dengan kriteria sangat layak, angket respon siswa pada uji kelompok kecil tahap 1 sebesar 98,1% dan tahap 2 sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak serta hasil uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 93,4% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, hasil rata-rata pre test siswa memperoleh nilai 55,31 dan hasil rata-rata nilai post testnya yaitu 89,37. Hal tersebut menunjukkan bahwa media monopoli dikategorikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 26 Cakranegara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli bermuatan kearifan lokal sudah layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076-5085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026

Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522-1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170175. https://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Aslam, A., Ninawati, M., & Noviani, A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Tinggi. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R., & Negara, I. G. A. O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168-174. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.32466

Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809-1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1537

https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P. A., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Journal of Elementary Education, 4(6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf

Lailiya, R. I. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1).

Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275-282.

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. Sport-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54-66. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055

Muhroji, M., & Yusrina, H. (2018). Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Jimbung Klaten. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6457

Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengembangan Media Bukber (Buku BerGambar) Berbasis Kearifan Lokal Daerah Setempat Untuk Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 356–362. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1155

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media pembelajaran. Parnawi, Afi. (2020). Psikopogi Belajar. Yogyakarta: Cv Budi Utama

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Ramdani, A., Jufri, AW, Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender Menggunakan Bahan Ajar IPA Berbasis Siklus 5E Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. http://dx.doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Rosdiana, M., Hidayat, J. N., & Prijambodo, R. F. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains pada Siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v1i2.9

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1),35-42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Sari, D. O., & Listyarini, A. S. I. (2018). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2). https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2260

Syamsijulianto, T. (2020). Media Pembelajaran Mobuya Untuk Pembelajaran Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1),10. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.23971

Published

2025-04-19

How to Cite

Andriana, R. I., Erfan, M., Handika, I., & Nurwahidah, N. (2025). Pengembangan Media Monopoli Bermuatan Kearifan Lokal Sasambo untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 Cakranegara. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 387–403. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5599

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.