Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Gereneng
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5563Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, ADDIE, Mata Pelajaran IPASAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengatasi rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud zat benda, yang seringkali dianggap sulit dan membosankan, dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, seperti media Pop-Up Book, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa di SDN Gereneng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Pop-Up Book pada pelajaran IPAS kelas IV materi wujud zat benda. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gereneng tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengukur tingkat kevalidan media dengan menggunakan skala Likert dan dikonversikan dengan rumus perhitungan rata-rata. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor 89% dikategorikan sangat valid dan oleh ahli media sebesar 87% dikategorikan sangat valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dengan persentase respon siswa sebesar 90% dikategorikan sangat praktis dan respon guru sebesar 86% dikategorikan sangat praktis. Hasil seluruh penilaian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.
Downloads
References
Agustin, L. D., & Kurniawan, M. I. (2024). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iii Di Sdn Kesambi. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 251–256. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1241
Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 187-195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063
Aulya, H., Turmuzi, M., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas II di SDN 42 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 763-773. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.498
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan media scrapbook pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas I sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185-194. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.185-194
Dewi, S. M., Sofyan, D., & Priyono, A. (2022). Pop-Up Book Learning Media for Nationalism Character Building. International Journal of Elementary Education, 6(1), 10-17. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41402
Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489-499. https://doi.org/10.5281/zenodo.7350382
Hardiana, B. N., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II SDN 7 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 210-220. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1097
Islami, N. F., Ilmi, L. A., & Ati MZ, A. S. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan media pop up book sebagai media belajar yang menyenangkan di rumah dalam inovasi pembelajaran sd kelas rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86-92. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22-32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54-59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Sudarwo, R., Kartiani, B. S., Anam, K., Mahsup, M., ... & Hardi, R. S. (2023). Pengembangan modul ajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Bagi siswa sekolah dasar kelas IV dalam kerangka kurikulum merdeka. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(1), 182-186. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14742
Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional Di Sekolah Dasar: Asesmen Nasional. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2), 199-210.
Mustofa, R., & Syafi'ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 30-41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Praditha, N., Affandi, L. H., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keberagaman Suku Sasak. Journal of Classroom Action Research, 6(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7824
Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846-1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162-167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189
Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 30-36. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.385
Sari, E. C. W., & Sukiman, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book dalam Pembelajaran Alfabet melalui Tema Buah-Buahan pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1394-1408. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4957
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.