Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Gereneng

Authors

  • Rika Karina Putri Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5563

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, ADDIE, Mata Pelajaran IPAS

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengatasi rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud zat benda, yang seringkali dianggap sulit dan membosankan, dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, seperti media Pop-Up Book, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa di SDN Gereneng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Pop-Up Book pada pelajaran IPAS kelas IV materi wujud zat benda. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gereneng tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengukur tingkat kevalidan media dengan menggunakan skala Likert dan dikonversikan dengan rumus perhitungan rata-rata. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor 89% dikategorikan sangat valid dan oleh ahli media sebesar 87% dikategorikan sangat valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dengan persentase respon siswa sebesar 90% dikategorikan sangat praktis dan respon guru sebesar 86% dikategorikan sangat praktis. Hasil seluruh penilaian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, L. D., & Kurniawan, M. I. (2024). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iii Di Sdn Kesambi. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 251–256. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1241

Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 187-195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063

Aulya, H., Turmuzi, M., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas II di SDN 42 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 763-773. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.498

Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan media scrapbook pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas I sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185-194. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.185-194

Dewi, S. M., Sofyan, D., & Priyono, A. (2022). Pop-Up Book Learning Media for Nationalism Character Building. International Journal of Elementary Education, 6(1), 10-17. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41402

Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489-499. https://doi.org/10.5281/zenodo.7350382

Hardiana, B. N., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II SDN 7 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 210-220. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1097

Islami, N. F., Ilmi, L. A., & Ati MZ, A. S. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan media pop up book sebagai media belajar yang menyenangkan di rumah dalam inovasi pembelajaran sd kelas rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86-92. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22-32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54-59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Sudarwo, R., Kartiani, B. S., Anam, K., Mahsup, M., ... & Hardi, R. S. (2023). Pengembangan modul ajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Bagi siswa sekolah dasar kelas IV dalam kerangka kurikulum merdeka. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(1), 182-186. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14742

Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional Di Sekolah Dasar: Asesmen Nasional. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2), 199-210.

Mustofa, R., & Syafi'ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 30-41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Praditha, N., Affandi, L. H., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keberagaman Suku Sasak. Journal of Classroom Action Research, 6(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7824

Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846-1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875

Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162-167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 30-36. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.385

Sari, E. C. W., & Sukiman, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book dalam Pembelajaran Alfabet melalui Tema Buah-Buahan pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1394-1408. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4957

Published

2025-03-26

How to Cite

Putri, R. K., Erfan, M., & Nurwahidah, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Gereneng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 360–371. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5563

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.