Problematika Guru dalam Membelajarkan Pembelajaran Tematik pada Anak Berkebutuhan Khusus Siswa Kelas V Di SDN 26 Cakranegara

Authors

  • Rizka Ayu Aryani Universitas Mataram
  • Darmiany Darmiany Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5532

Keywords:

Problematika Guru, Pembelajaran Tematik, Anak Berkebutuhan Khusus, Kualitatif

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami tantangan guru dalam mengelola pembelajaran tematik bagi anak berkebutuhan khusus, untuk menciptakan pendidikan inklusif yang efektif dan setara bagi semua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru dalam membelajarkan pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di kelas V SDN 26 Cakranegara serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami berbagai problematika, seperti dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai, menentukan metode pembelajaran yang tepat, menyampaikan materi secara efektif, serta membangun kerja sama dengan siswa berkebutuhan khusus selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi problematika tersebut, guru melakukan berbagai upaya, termasuk berdiskusi dengan sesama pendidik, memberikan bimbingan tambahan di luar jam pelajaran, memanfaatkan sumber belajar alternatif, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan individu siswa. Penyesuaian metode dilakukan dengan mengadaptasi strategi pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan evaluasi di kelas. Guru juga melakukan identifikasi karakteristik siswa untuk menyesuaikan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibussholeh & Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Inklusif Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial Indonesia. 2 (1), 33-44. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1882

Agustin, I. (2019). Penerapan identifikasi, asesmen dan pembelajaran bagi Anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar Penyelenggara pendidikan inklusi. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 72-80. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80

Agustin, I. (2020). Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 166-175. https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p166-175

Badawi, A., Arjudin, A., Lu’luilmaknun, U., & Amrullah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 962-971. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.252

Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model media pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v2i1.537

Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455-465. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316

Fitrianti, Y., Nugrohaji, A. S. B., Nailah, C., Anisa, E. N., Afifa, M., Wulandari, R., & Chasanah, U. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sdi Yapita Surabaya. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 44-52. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1355

Haikal, R. M. (2022). Problematika Guru dalam Mengajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB Azahra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 643-648. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b

Halimatussakdiah., Muhammad, S., Sari, M., & Silvina, N. (2022). Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 4 (3), 283–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306

Idhartono, A. R. (2020). Studi Literatur : Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 529-533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541

Ilhami, M, W., Wiyanda, V, N., Arivan, M., Rusdy, A, S., & Muhammad, W, A. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10 (9), 462-469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Irdamurni, M. P. (2020). Pendidikan Inklusif: Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Prenada Media.

Khayati, A, N., Faizatul, M., Eling, D, O., & Ahmad, F, H. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan. 4(1), 55-61. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Lafiana, N, A., Hari, W., & Lalu, H, A. (2022). Problematika Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 4 (2), 81–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1686

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104. doi: http://dx.doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

Nurmawanti, I., Haryati, L. F., Radiusman, R., Anar, A. P., & Novitasari, S. (2020). Problematika dan Tindakan Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus di MI NW Tanak Beak. Progres Pendidikan, 1(2), 134-142.

Sahrudin, M., Novianti, D., & Arifin, S. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management. 5 (2), 162-179. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2313

Siregar, D, M, S., Nabila, A, P., Shelly, E , G & Sri, Y. (2024). Upaya Membangun Hubungan Yang Harmonis Antara Guru dan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan KualitA Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. 2 (4), 253-260. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.965

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Books & Press.

Sukadari, S. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820

Tanjaya, R. F. (2018). Problematika Yang Dihadapi Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Dewi Sartika Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaraan. 6 (3), 141-151. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.244

Wulandari, A., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh E-Modul Deteksi Dini dan Layanan Intervensi ADHD Terhadap Kemampuan Guru Taman Kanan-Kanak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1001-1012. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4167

Published

2025-03-26

How to Cite

Aryani, R. A., & Darmiany, D. (2025). Problematika Guru dalam Membelajarkan Pembelajaran Tematik pada Anak Berkebutuhan Khusus Siswa Kelas V Di SDN 26 Cakranegara . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 319–328. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5532

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.