Problematika Guru dalam Membelajarkan Pembelajaran Tematik pada Anak Berkebutuhan Khusus Siswa Kelas V Di SDN 26 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5532Keywords:
Problematika Guru, Pembelajaran Tematik, Anak Berkebutuhan Khusus, KualitatifAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami tantangan guru dalam mengelola pembelajaran tematik bagi anak berkebutuhan khusus, untuk menciptakan pendidikan inklusif yang efektif dan setara bagi semua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru dalam membelajarkan pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di kelas V SDN 26 Cakranegara serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami berbagai problematika, seperti dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai, menentukan metode pembelajaran yang tepat, menyampaikan materi secara efektif, serta membangun kerja sama dengan siswa berkebutuhan khusus selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi problematika tersebut, guru melakukan berbagai upaya, termasuk berdiskusi dengan sesama pendidik, memberikan bimbingan tambahan di luar jam pelajaran, memanfaatkan sumber belajar alternatif, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan individu siswa. Penyesuaian metode dilakukan dengan mengadaptasi strategi pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan evaluasi di kelas. Guru juga melakukan identifikasi karakteristik siswa untuk menyesuaikan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Adibussholeh & Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Inklusif Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial Indonesia. 2 (1), 33-44. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1882
Agustin, I. (2019). Penerapan identifikasi, asesmen dan pembelajaran bagi Anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar Penyelenggara pendidikan inklusi. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 72-80. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80
Agustin, I. (2020). Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 166-175. https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p166-175
Badawi, A., Arjudin, A., Lu’luilmaknun, U., & Amrullah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 962-971. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.252
Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model media pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v2i1.537
Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455-465. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316
Fitrianti, Y., Nugrohaji, A. S. B., Nailah, C., Anisa, E. N., Afifa, M., Wulandari, R., & Chasanah, U. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sdi Yapita Surabaya. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 44-52. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1355
Haikal, R. M. (2022). Problematika Guru dalam Mengajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB Azahra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 643-648. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b
Halimatussakdiah., Muhammad, S., Sari, M., & Silvina, N. (2022). Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 4 (3), 283–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306
Idhartono, A. R. (2020). Studi Literatur : Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 529-533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541
Ilhami, M, W., Wiyanda, V, N., Arivan, M., Rusdy, A, S., & Muhammad, W, A. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10 (9), 462-469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
Irdamurni, M. P. (2020). Pendidikan Inklusif: Solusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Prenada Media.
Khayati, A, N., Faizatul, M., Eling, D, O., & Ahmad, F, H. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan. 4(1), 55-61. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440
Lafiana, N, A., Hari, W., & Lalu, H, A. (2022). Problematika Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 4 (2), 81–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1686
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104. doi: http://dx.doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
Nurmawanti, I., Haryati, L. F., Radiusman, R., Anar, A. P., & Novitasari, S. (2020). Problematika dan Tindakan Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus di MI NW Tanak Beak. Progres Pendidikan, 1(2), 134-142.
Sahrudin, M., Novianti, D., & Arifin, S. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management. 5 (2), 162-179. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2313
Siregar, D, M, S., Nabila, A, P., Shelly, E , G & Sri, Y. (2024). Upaya Membangun Hubungan Yang Harmonis Antara Guru dan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan KualitA Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. 2 (4), 253-260. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.965
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Books & Press.
Sukadari, S. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820
Tanjaya, R. F. (2018). Problematika Yang Dihadapi Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Dewi Sartika Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaraan. 6 (3), 141-151. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.244
Wulandari, A., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh E-Modul Deteksi Dini dan Layanan Intervensi ADHD Terhadap Kemampuan Guru Taman Kanan-Kanak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1001-1012. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4167
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.