Implementasi Metode Permainan Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Putra Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua

Authors

  • Jumadi Jumadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Fadil Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Arif Pramana Aji Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5501

Keywords:

Implementasi, Metode Permainan, Tahfidz Qur’an, Cahaya Islam Papua

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, seperti metode permainan, untuk meningkatkan efektivitas penghafalan Al-Qur'an di kalangan santri, khususnya dalam menghadapi tantangan kejenuhan dan keterbatasan waktu yang sering dihadapi dalam proses tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode permainan dalam menghafal Al-Qur'an pada santri kelas IV putra di Sekolah Dasar Tahfizh Qur’an (SDTQ) Cahaya Islam Papua, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepalasekolah, guru tahfidz dan siswa kelas IV putra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode permainan dilakukan sebagai strategi pendukung yang melengkapi metode klasikal dan privat dalam program tahfidz. Metode ini diterapkan melalui dua jenis permainan utama: modifikasi ular tangga dan mencari ayat, yang digunakan sebagai selingan untuk mengisi waktu luang siswa. Faktor pendukung implementasi meliputi antusiasme siswa, dukungan pengajar, sarana dan prasarana, lingkungan yang kondusif, dukungan kurikulum yang fleksibel dan kerja sama antar siswa.. Sementara faktor penghambat mencakup manajemen waktu yang belum optimal, keterbatasan alat peraga, kecenderungan bermain berlebihan, dan persepsi negatif terhadap metode permainan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode permainan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mengurangi kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur'an, namun memerlukan pengelolaan yang lebih terstruktur untuk mengoptimalkan efektivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. M., Adam, A., & Musa, M. H. (2024). Penerapan Metode Menghafal Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Mtsn 3 Tidore. Jurnal Pasifik Pendidikan, 3(3), 167-174. https://doi.org/10.51135/jukip.v3i3.90

Abdussamad, Z. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005

Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi metode ODOA (one day one ayat) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181-198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Choiriyah, S., & Jinan, M. (2024). Strategi Inovatif Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Jami’atul Ichwan Dalangan Sukoharjo. Instructional Development Journal, 7(2), 259-269. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31492

Farida, S., Munib, M., Sarif, A., & Ghoyasi, G. (2022). Strategi pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Kabilah: Journal of Social Community, 7(1), 208-226.

Fitriani, Z. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3045

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190-203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642

Rahmawati, R. (2019). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169

Ramadani, T., & Salim, A. (2024). Implementasi Metode Permainan Kauny Quantum Memory Dalam Hafalan Al–Qur’an di SMP IT Hajjah Fauziah Binjai. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 112-125. https://doi.org/10.51700/attadbir.v4i2

Risma, I., Loka, N., & Amzana, N. (2024). Penerapan Metode Tabarok Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Madrasah Ibtidiah Syuhratul Islam Gelumbang. Istinbath, 16(2), 30-43. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26104

Satra, M., & Muarifah, A. (2024). Tinjauan literatur tentang kesejahteraan psikologis pada penghafal al-Qur'an. Qudwah Qur'aniyah: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 2(1), 42-60. https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v2i1.2392

Sitorus, S. H., & Yasir, A. (2022). Menghafal Al Quran Bagi Anak Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang: Perspektif Manajemen Dakwah. Idarotuna, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.16935

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389

Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84–89. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Zahro, I. F. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Membangun Motivasi Siswa Dalam Menghafal Al-Qur'an. Istinbath, 16(2), 65-77. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.24824

Zulfikar, M. Y., & Azzahro, S. (2024). Penerapan metode Talaqqi dalam program tahfidz anak usia dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755-1766. https://doi.org/10.58230/27454312.589.

Published

2025-03-14

How to Cite

Jumadi, J., Fadil, M., & Aji, A. P. (2025). Implementasi Metode Permainan Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Putra Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 155–170. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5501

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.