Implementasi Metode Permainan Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Putra Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5501Keywords:
Implementasi, Metode Permainan, Tahfidz Qur’an, Cahaya Islam PapuaAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, seperti metode permainan, untuk meningkatkan efektivitas penghafalan Al-Qur'an di kalangan santri, khususnya dalam menghadapi tantangan kejenuhan dan keterbatasan waktu yang sering dihadapi dalam proses tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode permainan dalam menghafal Al-Qur'an pada santri kelas IV putra di Sekolah Dasar Tahfizh Qur’an (SDTQ) Cahaya Islam Papua, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepalasekolah, guru tahfidz dan siswa kelas IV putra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode permainan dilakukan sebagai strategi pendukung yang melengkapi metode klasikal dan privat dalam program tahfidz. Metode ini diterapkan melalui dua jenis permainan utama: modifikasi ular tangga dan mencari ayat, yang digunakan sebagai selingan untuk mengisi waktu luang siswa. Faktor pendukung implementasi meliputi antusiasme siswa, dukungan pengajar, sarana dan prasarana, lingkungan yang kondusif, dukungan kurikulum yang fleksibel dan kerja sama antar siswa.. Sementara faktor penghambat mencakup manajemen waktu yang belum optimal, keterbatasan alat peraga, kecenderungan bermain berlebihan, dan persepsi negatif terhadap metode permainan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode permainan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mengurangi kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur'an, namun memerlukan pengelolaan yang lebih terstruktur untuk mengoptimalkan efektivitasnya.
Downloads
References
Abdullah, N. M., Adam, A., & Musa, M. H. (2024). Penerapan Metode Menghafal Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Mtsn 3 Tidore. Jurnal Pasifik Pendidikan, 3(3), 167-174. https://doi.org/10.51135/jukip.v3i3.90
Abdussamad, Z. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi metode ODOA (one day one ayat) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181-198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Choiriyah, S., & Jinan, M. (2024). Strategi Inovatif Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Jami’atul Ichwan Dalangan Sukoharjo. Instructional Development Journal, 7(2), 259-269. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31492
Farida, S., Munib, M., Sarif, A., & Ghoyasi, G. (2022). Strategi pengembangan kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Kabilah: Journal of Social Community, 7(1), 208-226.
Fitriani, Z. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3045
Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190-203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642
Rahmawati, R. (2019). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169
Ramadani, T., & Salim, A. (2024). Implementasi Metode Permainan Kauny Quantum Memory Dalam Hafalan Al–Qur’an di SMP IT Hajjah Fauziah Binjai. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 112-125. https://doi.org/10.51700/attadbir.v4i2
Risma, I., Loka, N., & Amzana, N. (2024). Penerapan Metode Tabarok Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Madrasah Ibtidiah Syuhratul Islam Gelumbang. Istinbath, 16(2), 30-43. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.26104
Satra, M., & Muarifah, A. (2024). Tinjauan literatur tentang kesejahteraan psikologis pada penghafal al-Qur'an. Qudwah Qur'aniyah: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 2(1), 42-60. https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v2i1.2392
Sitorus, S. H., & Yasir, A. (2022). Menghafal Al Quran Bagi Anak Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang: Perspektif Manajemen Dakwah. Idarotuna, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.16935
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18
Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84–89. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Zahro, I. F. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Membangun Motivasi Siswa Dalam Menghafal Al-Qur'an. Istinbath, 16(2), 65-77. https://doi.org/10.19109/istinbath.v16i2.24824
Zulfikar, M. Y., & Azzahro, S. (2024). Penerapan metode Talaqqi dalam program tahfidz anak usia dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755-1766. https://doi.org/10.58230/27454312.589.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.