Analisis Dampak Game Online Free Fire Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5498Keywords:
Analisis Dampak, Game Online, Karakter Sopan Santun, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami dampak game online, seperti Free Fire, terhadap karakter sopan santun siswa usia sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dampak game online Free Fire terhadap karakter sopan santun siswa usia sekolah dasar di Lingkungan Reban Tebu Timur Kelurahan Sandubaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu 3 orang siswa usia sekolah dasar dan 3 orang tua dari siswa tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak intensitas bermain game online Free Fire terhadap karakter sopan santun siswa adalah nada bicara siswa menjadi tinggi, sering mengabaikan nasihat orang tua, menjadi tidak disiplin waktu, serta menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh suasana hati saat bermain game. Pengaruh interaksi sosial dalam game online Free Fire terhadap etika sopan santun siswa dalam berinteraksi di dunia nyata yaitu siswa berbicara tanpa memperhatikan norma kesantunan, menyebutkan kata-kata kasar, memotong pembicaraan orang lain, dan menunjukkan sikap kurang hormat terhadap teman sebaya, orang tua, dan masyarakat. Selain itu didapatkan bahwa pengawasan orang tua terhadap aktivitas bermain game online Free Fire tidak berpengaruh terhadap karakter sopan santun siswa usia sekolah dasar di Lingkungan Reban Tebu Timur.
Downloads
References
Annisa, A. F., & Pramudiani, P. (2022). Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1408-1416. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3211
Asnawan, A. (2020). Exploring Education Character Thought of Ki Hajar Dewantara and Thomas Lickona. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3), 164–174. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v3i3. 83
Azis, A. A., & Hidayat, S. (2022). Pengaruh Game online Free Fire Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 271–280. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53123
Darmawan, A., Junaidi, I. A., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis penanaman karakter sopan santun di Kelas 1 Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 209-216. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.260
Fauziddin, M., & Adha, T. R. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Handphone terhadap Interaksi Sosial Siswa di UPT Sekolah Dasar Negeri 007 Bangkinang. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 171-178.
Harahap, S. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Dampak game online Free Fire terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1304-1311. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.895
Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 139–155. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79
Iskandar, R. (2021). Analisis tingkat kecanduan bermain game online terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5660-5670. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1738
Lisnawati, L., Ganda, N., & Hidayat, S. (2021). Dampak Game Online Free Fire pada Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 840-850. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41750
Murjana, A., Sida, S., Suardi, S., & Hidayah, Y. (2023). Pengaruh Bermain Game Free Fire terhadap Pembentukan Karakter Anak pada Siswa UPTD SD Negeri 31 Barru. Journal Socius Education, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.0505/jse.v1i1.410
Nugroho, I., & Mukhtar, J. (2022). Penanggulangan Patologi Digital Game Online Melalui Pendidikan Agama Islam. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 102-110. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.316
Nurkhairadi, A. I., & Pratiwi, E. Y. R. (2025). Pengaruh Permainan Game Online Free Fire Terhadap Moral Anak Di Era Digital Studi Kasus Di Kalangan Sekolah Dasar Negeri Kayangan 1. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 3(1), 636-645. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.4047
Octaviasari, S., Rigianti, H. A., & Kurniawati, W. (2023). Analisis Sikap Sopan Santun Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa Sd Negeri Mayangan. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 907–922. https://doi.org/10. 55681/nusra.v4i4.1715
Oktaviani, I. R., Fachrizal, M. A., Putri, A. N., & Nurhaadiiansyah, M. D. (2022). Nilai Moral Bagi Kalangan Muda Dalam Mempergunakan Internet. Kampret Journal, 1(2), 32-41. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.12
Permana, E., Muamar, M., & Fitri, R. M. (2024). Dampak Game Free Fire Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas IV SDN Sindangheula 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 347-371.
Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33-42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054
Putri, Y. A., Witri, G., & Fendrik, M. (2024). Analisis Pengaruh Game Online Free Fire Terhadap Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Peduli Sosial Siswa Kelas V SDN 184 Pekanbaru. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 12-30. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3239
Subagyo, S., Tuti, D. L., Oktavia, H., Hikmah, N., Lestari, N. A. D., Najah, S. S., ... & Iasha, V. (2024). Dampak Game Online terhadap Penggunaan Bahasa dan Perilaku Sopan Santun Siswa. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(4), 511-536. https://doi.org/10.61227/arji.v6i4.275
Suryantika, I., Mawardini, A., Daniati, N. S., & Nursolihat, S. Z. (2024). Bahaya Game Online bagi Akidah Anak dan Kaitannya dengan Penerapan Prinsip Pendidikan Anak dalam Islam. Karimah Tauhid, 3(4), 4062-4082. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12797
Wardany, R. A., Suhartono, S., & Mas’ula, S. (2021). Analisis Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B di SD Negeri Sawojajar 01 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 1020-1035. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p1020-1035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.