Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Waktu dan Durasi Kelas II SD Negeri 1 Ubung
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5490Keywords:
Pengaruh, Media Pembelajaran, Papan Jam Analog, Prestasi Belajar, Waktu dan DurasiAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, khususnya dalam materi yang sering dianggap sulit dan abstrak seperti waktu dan durasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan jam analog terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi waktu dan durasi kelas II SD Negeri 1 Ubung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik saturation sampling. Sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri 1 Ubung yang terdiri dari kelas IIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIA sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar yang diukur dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ranah kognitif, meliputi C1 (mengingat), C2 (memahami), dan C3 (menerapkan). Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji statistik dengan program SPSS 25 teknik uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,006 dan nilai tersebut < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran papan jam analog terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi waktu dan durasi kelas II SD Negeri 1 Ubung. Hasil uji effect size memperoleh nilai sebesar 0,918 dan berkriteria tinggi. Ini berarti bahwa pembelajaran matematika materi waktu dan durasi dengan menerapkan media pembelajaran papan jam analog memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II SD Negeri 1 Ubung.
Downloads
References
Afriyani, A., Nugroho, I., & Aufa, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Waktu Menggunakan Alat Peraga Waginem pada Peserta Didik Kelas II. Paedagogie, 18(1), 9-16. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v18i1.8440
Aini, A. L., Hidayah, I. N., & Harsadi, D. (2024). Keaktifan Siswa Kelas Ii Dalam Menggunakan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(10), 2-2. https://doi.org/10.17977/um067v4i10p2
Aisyah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Jam Pada Pembelajaran Mengenal Waktu Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 02. Journal of Education for All, 1(4), 317-324. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i4.76
Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192
Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253-264. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.353
Ardiawan, K. N., Sari, M. E., Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., & Hasda, S. (2022). Penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Atmasita, A. P., & Raharjo, R. P. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi waktu dan durasi dengan menggunakan media papan waktu. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 63-73. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2741
Azizah., & Saputro, J. (2020). Pengembangan Jarum Jam Kembar Bercincin Sebagai Alat Peraga Materi Waktu Pada Siswa kelas rendah. Journal of Elementary Education, 03(03), 91–98. https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4207
Badawi, B. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik-Copy. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.8768
Dwitya, N. D. M. K., & Utami, N. N. T. (2024). Media Pembelajaran Edukatif Berupa Papan Jam Analog Untuk Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(02), 417-424. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i02.4193
Dwitya, N. D. M. K., Turmuzi, M., Nurwahidah, N., & Hidayati, V. R. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Waktu dan Durasi Kelas II SD Negeri 1 Ubung. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5490
Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. PENSA, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.773
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hakim, A. R. (2015). Pengaruh penggunaan media clock set terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.124
Ismail, I., Tika, A., Sulianto, J., & Wikyuni, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Jam Dinding Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Kelas 1 SDN Plamongsari 02 Semarang. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 287-296.
Jubaedah, E., & Nurmilah, S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Dengan Media Jam Analog Digital Di Kelompok A Kober Al-Barokah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 3(2), 28-35. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i2.731
Nahdiyah, F. (2020). Learning by doing media belajar jam dinding dalam pembelajaran Matematika di Kelas 2 MIN 3 Banyumas. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 190-196.
Noeryauni, A., Margiati, K. Y., & Halidjah, S. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Manipulatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24204
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Putri, L. I., & Basir, A. (2020). Papan Jam Analog: Media Edukatif Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 33-43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.501
Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857
Sabella, S. O., Aini, A. N., & Zuliana, E. (2025). Mengasah Pemahaman Waktu Dengan Papan Jam: Penerapan Pmr di Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 9(1).
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.