Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Waktu dan Durasi Kelas II SD Negeri 1 Ubung

Authors

  • Ni Desak Made Kartini Dwitya Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5490

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Papan Jam Analog, Prestasi Belajar, Waktu dan Durasi

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, khususnya dalam materi yang sering dianggap sulit dan abstrak seperti waktu dan durasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan jam analog terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi waktu dan durasi kelas II SD Negeri 1 Ubung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik saturation sampling. Sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri 1 Ubung yang terdiri dari kelas IIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIA sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar yang diukur dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ranah kognitif, meliputi C1 (mengingat), C2 (memahami), dan C3 (menerapkan). Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji statistik dengan program SPSS 25 teknik uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,006 dan nilai tersebut < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran papan jam analog terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi waktu dan durasi kelas II SD Negeri 1 Ubung. Hasil uji effect size memperoleh nilai sebesar 0,918 dan berkriteria tinggi. Ini berarti bahwa pembelajaran matematika materi waktu dan durasi dengan menerapkan media pembelajaran papan jam analog memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II SD Negeri 1 Ubung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, A., Nugroho, I., & Aufa, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Waktu Menggunakan Alat Peraga Waginem pada Peserta Didik Kelas II. Paedagogie, 18(1), 9-16. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v18i1.8440

Aini, A. L., Hidayah, I. N., & Harsadi, D. (2024). Keaktifan Siswa Kelas Ii Dalam Menggunakan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(10), 2-2. https://doi.org/10.17977/um067v4i10p2

Aisyah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Jam Pada Pembelajaran Mengenal Waktu Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 02. Journal of Education for All, 1(4), 317-324. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i4.76

Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192

Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253-264. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.353

Ardiawan, K. N., Sari, M. E., Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., & Hasda, S. (2022). Penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Atmasita, A. P., & Raharjo, R. P. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi waktu dan durasi dengan menggunakan media papan waktu. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 63-73. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2741

Azizah., & Saputro, J. (2020). Pengembangan Jarum Jam Kembar Bercincin Sebagai Alat Peraga Materi Waktu Pada Siswa kelas rendah. Journal of Elementary Education, 03(03), 91–98. https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4207

Badawi, B. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik-Copy. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.8768

Dwitya, N. D. M. K., & Utami, N. N. T. (2024). Media Pembelajaran Edukatif Berupa Papan Jam Analog Untuk Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(02), 417-424. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i02.4193

Dwitya, N. D. M. K., Turmuzi, M., Nurwahidah, N., & Hidayati, V. R. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Waktu dan Durasi Kelas II SD Negeri 1 Ubung. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5490

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. PENSA, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.773

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh penggunaan media clock set terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.124

Ismail, I., Tika, A., Sulianto, J., & Wikyuni, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Jam Dinding Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Kelas 1 SDN Plamongsari 02 Semarang. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 287-296.

Jubaedah, E., & Nurmilah, S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Dengan Media Jam Analog Digital Di Kelompok A Kober Al-Barokah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 3(2), 28-35. https://doi.org/10.37968/anaking.v3i2.731

Nahdiyah, F. (2020). Learning by doing media belajar jam dinding dalam pembelajaran Matematika di Kelas 2 MIN 3 Banyumas. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 190-196.

Noeryauni, A., Margiati, K. Y., & Halidjah, S. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Manipulatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24204

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Putri, L. I., & Basir, A. (2020). Papan Jam Analog: Media Edukatif Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 33-43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.501

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857

Sabella, S. O., Aini, A. N., & Zuliana, E. (2025). Mengasah Pemahaman Waktu Dengan Papan Jam: Penerapan Pmr di Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 9(1).

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Published

2025-03-14

How to Cite

Dwitya, N. D. M. K., Turmuzi, M., Nurwahidah, N., & Hidayati, V. R. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jam Analog terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Waktu dan Durasi Kelas II SD Negeri 1 Ubung. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 206–217. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5490

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.