Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Literasi Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4730Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Demonstrasi, Hasil Belajar IPA, Literasi Sains, Siswa SDAbstract
Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah seberapa efektif penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan literasi sains siswa kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen penelitian mencakup hasil belajar, literasi sains, dan lembar observasi. Metode penelitian dilaksanakan melalui empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus melibatkan pembelajaran berbasis demonstrasi, yang memerlukan siswa secara aktif terlibat dalam proses pengamatan, eksperimen, dan analisis. Hasil pada siklus I, pembelajaran berjalan dengan kategori baik dengan keterlaksanaan sebesar 76%, namun hasil belajar siswa masih tergolong sedang dengan rata-rata 60%, dan literasi sains siswa masih rendah pada 46%. siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan; keterlaksanaan pembelajaran mencapai 88% (sangat baik), hasil belajar meningkat menjadi 80% (sangat baik), dan literasi sains siswa naik menjadi 78% (kategori tinggi). Data yang dikumpulkan dari lembar observasi menunjukkan bahwa siswa sudah lebih aktif dan keterlaksanaan pembelajaran sudah sesuai harapan. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan literasi sains siswa kelas V
Downloads
References
Afifi, R. (2019). Penerapan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 68-85. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.387
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan sikap positif dan pemahaman siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi atau field trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81-89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270
Fathir, M., & Sabrun, S. (2015). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 131-139. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i2.133
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457-467. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283
Herdiana, V. F., & Muafiah, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo. AL-THIFL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 43-58. https://doi.org/10.21154/thifl.v2i1.972
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43-50. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82-94. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2608
Lie, R. (2022). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 258-269. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2590
Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114-126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064
Muliastrini, N. K. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Lampuhyang, 10(1), 16-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i1.173
Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153-158. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8874
Oktaria, U. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 137 Palembang Tentang Gaya Dan Gerak Dengan Metode Demonstrasi. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1291-1299). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84476
Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.29210/12016227
Sari, E. R., Saputro, E. F. H., & Lestari, N. (2022). Pembelajaran kontekstual untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 2(1), 1-4. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.551
Sobon, K., & Lumowa, S. J. (2018). Penggunaan metode demonstrasi untuk peningkatan hasil belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Kawangkoan Kecamatan Kalawat. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 196-207. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11788
Soetrimo, A. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Tamiang Hulu TA 2019/2020. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 133-141. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.3491
Suprayogi, S., Isdaryanto, N., Rahmawati, E., & Wiratomo, G. H. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Living Values Education Bagi Guru Pendidikan Pancasila Tingkat SMA/SMK Di Wilayah Pemalang. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 13(2), 146-151. https://doi.org/10.55936/mau%60izhah.v13i2.144
Trianingsih, R., Wahyuni, T., & Jannah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Pembelajaran Kontekstual Demonstrasi. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 53-59. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.881
Trisnawaty, F. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD. Satya Widya, 33(1), 37-44. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44
Wardany, K., Mariana, E., & Asih, D. A. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 214-219. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.