Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDI Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar

  • B Syukroni Baso Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Baso Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Pesawat Sederhana, Siswa SD, PTK

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana melalui metode eksperimen di kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 49 orang, dan 1 guru kelas V. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: hasil belajar siswa berdasarkan tes pratindakan pada kategori cukup, kemudian hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana pada siklus pertama tetap dalam kategori cukup dan belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian siklus kedua meningkat menjadi kategori baik dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. Laporan Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P., dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gredler, M. E. B. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Penjermah: Munandir. Jakarta: Rajawali.

Hamdat, M. Nr. 2003. Belajar dan Pembelajaran, Suatu Pokok Bahasan. Diktat. FKIP Unismuh.

Haryanto. 2004. Sains untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Purwanto. M. N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratna, K. 2005. Konsep-konsep Dasar IPA. Diktat Pembelajaran IPA. Makassar.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: UNM.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Metode Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanriani. 2009. Meningkatkan Hasil belajar Perkembangbiakan Tumbuhan Melalui Metode Eksperimen bagi Siswa Kelas VI SDN 4 Abbekae Kabupaten Maros. Skripsi. PGSD FIP UNM.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. 2005. Bandung: Citra Umbara.

Published
21-04-2022
How to Cite
Baso, B. S., & Baso, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDI Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 161-171. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1746
Section
Articles