Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDI Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana melalui metode eksperimen di kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 49 orang, dan 1 guru kelas V. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: hasil belajar siswa berdasarkan tes pratindakan pada kategori cukup, kemudian hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana pada siklus pertama tetap dalam kategori cukup dan belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian siklus kedua meningkat menjadi kategori baik dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pesawat sederhana dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen.
Downloads
Metrics
References
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. Laporan Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, P., dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gredler, M. E. B. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Penjermah: Munandir. Jakarta: Rajawali.
Hamdat, M. Nr. 2003. Belajar dan Pembelajaran, Suatu Pokok Bahasan. Diktat. FKIP Unismuh.
Haryanto. 2004. Sains untuk SD Kelas V. Jakarta: Erlangga.
Purwanto. M. N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratna, K. 2005. Konsep-konsep Dasar IPA. Diktat Pembelajaran IPA. Makassar.
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: UNM.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Metode Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanriani. 2009. Meningkatkan Hasil belajar Perkembangbiakan Tumbuhan Melalui Metode Eksperimen bagi Siswa Kelas VI SDN 4 Abbekae Kabupaten Maros. Skripsi. PGSD FIP UNM.
Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. 2005. Bandung: Citra Umbara.
Copyright (c) 2022 B Syukroni Baso, Munirah Baso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.