Profesional, Pedagogik, Keterampilan, dan Kinerja Tutor

  • Kusmaladewi Universitas Terbuka Makassar
  • M. Arifin Zaidin Universitas Terbuka
Keywords: Profesional, Pedagogik, Keterampilan, Kinerja Tutor, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional, pedagogik, dan kompetensi keterampilan dasar tutorial dengan kinerja tutor PG PAUD di UPBJJ UT Makassar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 550 dan sampel ditetapkan sebesar 213 mahasiswa PG PAUD. Penetapan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dan penarikan sampel menggunakan multistage rundom sampling. Pengumpulan data dilakukan dalam dua cara, yaitu menyebarkan angket tertutup secara daring dan secara luring. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson dengan fasilitas SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi profesional (X1) dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,849a (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik (X2) dengan konerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,873a (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,842a, dan (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi professional X1), kompetensi pedagogik (X2),dan kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y) koefisien korelasi sebesar 0,908a. Artinya, pengaruh antara variabel X1, X2,X3 dengan variabel Y sangat kuat

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arif Np & Kusumantoro (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Asmin S. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motipasi kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18 (2), 1-12

Creswell J.W & Vicki L. Plano Clark, (2018). Mendesain dan Melaksanakan Mixed Methods Research. Diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dody Ru Dan Erny R. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Ujian Nasional (Un) Di Sma Negeri Se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3) 81-88

Kumumastuti A., Khoiron AM.,& Akhmadi TL. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: CV Budi Utama

Mangkunegara. (2004). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Penerbit Refika Aditama

Hasan M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix 5(2)

Libânio, C. D. S., Amaral, F. G., & Migowski, S. A. (2017). Classification Of Competencies In Design Management: Individual, Collective And Organizational Levels. Strategic Design Research Journal, 10(3), 195–203.

Pianda D. (2018). Kinerja Guru, Jabar: Cv Jejak.

Raden R. Dan Suci N. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Negeri Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis 18(2),177-188

Ratna Nk. (2016). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ridwan. (2014). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat Dengan Spss. Elex Media Komputindo.

Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas Dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved From

Susanto, A.B. (2000). Competency-Based Hrm. Www.Jakartaconsultinggroup.Com

Sudaryono (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method, Depok: Pt Rajagrafindo Persada

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Sumardi, (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP, Yogyakarta: Deepublisher

Sopandi A.(1019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Cientific Journal Of Reflection: 2(2)

Published
14-03-2022
How to Cite
Kusmaladewi, & Zaidin, M. A. (2022). Profesional, Pedagogik, Keterampilan, dan Kinerja Tutor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 84-89. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1604
Section
Articles