Profesional, Pedagogik, Keterampilan, dan Kinerja Tutor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional, pedagogik, dan kompetensi keterampilan dasar tutorial dengan kinerja tutor PG PAUD di UPBJJ UT Makassar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 550 dan sampel ditetapkan sebesar 213 mahasiswa PG PAUD. Penetapan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dan penarikan sampel menggunakan multistage rundom sampling. Pengumpulan data dilakukan dalam dua cara, yaitu menyebarkan angket tertutup secara daring dan secara luring. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson dengan fasilitas SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi profesional (X1) dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,849a (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik (X2) dengan konerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,873a (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y), koefisien korelasi sebesar 0,842a, dan (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi professional X1), kompetensi pedagogik (X2),dan kompetensi keterampilan dasar tutorial (X3), dengan kinerja tutor (Y) koefisien korelasi sebesar 0,908a. Artinya, pengaruh antara variabel X1, X2,X3 dengan variabel Y sangat kuat
Downloads
Metrics
References
Arif Np & Kusumantoro (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Asmin S. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motipasi kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18 (2), 1-12
Creswell J.W & Vicki L. Plano Clark, (2018). Mendesain dan Melaksanakan Mixed Methods Research. Diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dody Ru Dan Erny R. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Ujian Nasional (Un) Di Sma Negeri Se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3) 81-88
Kumumastuti A., Khoiron AM.,& Akhmadi TL. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: CV Budi Utama
Mangkunegara. (2004). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Penerbit Refika Aditama
Hasan M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix 5(2)
Libânio, C. D. S., Amaral, F. G., & Migowski, S. A. (2017). Classification Of Competencies In Design Management: Individual, Collective And Organizational Levels. Strategic Design Research Journal, 10(3), 195–203.
Pianda D. (2018). Kinerja Guru, Jabar: Cv Jejak.
Raden R. Dan Suci N. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Negeri Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis 18(2),177-188
Ratna Nk. (2016). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ridwan. (2014). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat Dengan Spss. Elex Media Komputindo.
Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas Dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved From
Susanto, A.B. (2000). Competency-Based Hrm. Www.Jakartaconsultinggroup.Com
Sudaryono (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method, Depok: Pt Rajagrafindo Persada
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta
Sumardi, (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP, Yogyakarta: Deepublisher
Sopandi A.(1019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Cientific Journal Of Reflection: 2(2)
Copyright (c) 2022 Kusmaladewi, M. Arifin Zaidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.