Identifikasi Jenis Media Pembelajaran IPA dan Efektifitas Penggunaanya di SDN 228 Lagaroang

  • Rustam Rustam Universitas Terbuka
  • Makkatenni
  • Amirullah
Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Efektifitas, Penggunaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengiedentifikasi Jenis media pembelajaran IPA dan Efektivitas Penggunaannya di SDN 228 Lagaroang. Subjek yang diteliti adalah hasil pembelajaran kehanekaragaman hayati sebelum penggunaan media insektarium pada siswa kelas IV SDN 228 Lagaroang dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang yang diambil secara acak. Data yang diperoleh berupa persentase keefektifan mengajar guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sebelum penggunanaan media insektarium. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keefektifan mengajar guru dengan menggunakan media visual berupa buku teks memperoleh skor 64 dari skor maksimal 80 dengan persentase 80%, (2) aktivitas belajar siswa diperoleh skor 31 dari skor maksimal 48 dengan persentase 64,58%, (3) skor hasil belajar pada aspek teori (Kognitif) rata-rata nilai siswa secara klasikal 57,33, secara individu siswa memperoleh nilai ≥ 70 atau yang mencapai ketuntasan hanya 13 siswa (28,89%) sedangkan siswa yang memperoleh hasil ≤ 70 atau belum tuntas 32 siswa (71,11%)

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afifah, & Ni’ matul. (2014). Efektivitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium pada Tema Klasifikasi Makhlu kHidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA pada Kelas VII MTS. Jurnal Pendidikan Sains.ISSN: 2252-6617. Hal 494-502.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Damyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Emna. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.12(1): 149-162.

Ekayani, P. L. N. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Artikel, Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Maimunah, (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar 5(1).

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP. Universitas Sarjana wiyata Taman siswa.

Oktarima, W. D. (2015). Pedoman Mengoleksi, Preservasi serta Kurasi Serangga dan Arthropoda lain. Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati. Badan Karantina Pertanian: Kementerian Pertanian.

Priatna, D. (2014). Meningkatkan Kapasitas Belajar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Interaktif Kreatif dan Edukatif. CakrawalaDini: 5(2)

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Rohman, M., & Sofan, A. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem

Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Bioedukatika, 3(1), 10–15.

Trianto, (2010). Mendesain Media Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yuniarti, N. (2012). Keanekaragaman dan distribusi Bivalvia dan Gastropoda (Moluska) di Pesisir Glayem Juntinyuat Indramayu Jawa Barat. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Larasati, N., Situmorang, J., & Tambunan, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Untuk Mata Pelajaran Ipa Sd. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2), 122-133.

Dara, S. D., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Efektivitas E-Learning sebagai Media Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN Karang Tengah 2. EDISI, 3(3), 460-471.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Published
14-03-2022
How to Cite
Rustam, R., Makkatenni, & Amirullah. (2022). Identifikasi Jenis Media Pembelajaran IPA dan Efektifitas Penggunaanya di SDN 228 Lagaroang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 48-56. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1590
Section
Articles