Identifikasi Jenis Media Pembelajaran IPA dan Efektifitas Penggunaanya di SDN 228 Lagaroang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengiedentifikasi Jenis media pembelajaran IPA dan Efektivitas Penggunaannya di SDN 228 Lagaroang. Subjek yang diteliti adalah hasil pembelajaran kehanekaragaman hayati sebelum penggunaan media insektarium pada siswa kelas IV SDN 228 Lagaroang dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang yang diambil secara acak. Data yang diperoleh berupa persentase keefektifan mengajar guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sebelum penggunanaan media insektarium. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keefektifan mengajar guru dengan menggunakan media visual berupa buku teks memperoleh skor 64 dari skor maksimal 80 dengan persentase 80%, (2) aktivitas belajar siswa diperoleh skor 31 dari skor maksimal 48 dengan persentase 64,58%, (3) skor hasil belajar pada aspek teori (Kognitif) rata-rata nilai siswa secara klasikal 57,33, secara individu siswa memperoleh nilai ≥ 70 atau yang mencapai ketuntasan hanya 13 siswa (28,89%) sedangkan siswa yang memperoleh hasil ≤ 70 atau belum tuntas 32 siswa (71,11%)
Downloads
Metrics
References
Afifah, & Ni’ matul. (2014). Efektivitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium pada Tema Klasifikasi Makhlu kHidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA pada Kelas VII MTS. Jurnal Pendidikan Sains.ISSN: 2252-6617. Hal 494-502.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Damyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Emna. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.12(1): 149-162.
Ekayani, P. L. N. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Artikel, Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Maimunah, (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar 5(1).
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP. Universitas Sarjana wiyata Taman siswa.
Oktarima, W. D. (2015). Pedoman Mengoleksi, Preservasi serta Kurasi Serangga dan Arthropoda lain. Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati. Badan Karantina Pertanian: Kementerian Pertanian.
Priatna, D. (2014). Meningkatkan Kapasitas Belajar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Interaktif Kreatif dan Edukatif. CakrawalaDini: 5(2)
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Rohman, M., & Sofan, A. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem
Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Bioedukatika, 3(1), 10–15.
Trianto, (2010). Mendesain Media Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Yuniarti, N. (2012). Keanekaragaman dan distribusi Bivalvia dan Gastropoda (Moluska) di Pesisir Glayem Juntinyuat Indramayu Jawa Barat. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor
Larasati, N., Situmorang, J., & Tambunan, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Untuk Mata Pelajaran Ipa Sd. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2), 122-133.
Dara, S. D., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Efektivitas E-Learning sebagai Media Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN Karang Tengah 2. EDISI, 3(3), 460-471.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.
Copyright (c) 2022 Rustam Rustam, Makkatenni, Amirullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.