Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD Bontokamase Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 31 orang tua siswa dan 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan nilai thitung > ttabel (2,896 > 2,045); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan nilai thitung > ttabel (2,558 > 2,045)
Downloads
Metrics
References
Anwar, A. S. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Perhatian Orang Tua dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Handoko, H., Siregar, R. J. E., & Wulansari, L. (2018, September). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018.
Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan motivasi berprestasi, minat dan perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133-1143.
Kholisyoh, S. A., Kusmanto, B., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164.
Mahmud, Dimyanti. 2001. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE.
Mansyur, A. R. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2): 113–123. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.5
Nouwen, M., & Zaman, B. 2018. Redefining the role of parents in young children’s online interactions. A value-sensitive design case study. International Journal of Child-Computer Interaction, 18, 22–26. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.0 6.001
Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 1-11.
Rahayu, W. P. M. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas VII-A Di SMP PGRI XI Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholikhah, S. A., & Bahrodin, A. Korelasi Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika. Inovasi Kurikulum, 18(2), 242-252.
Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC;2013.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sundus M. 2018. The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety Sundus, 7(1), 296. https://doi.org/10.4172/2167- 1044.100029
Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Copyright (c) 2022 Ita Suryaningsih, Ernawati Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.