Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD Bontokamase Kabupaten Gowa

  • Ita Suryaningsih Universitas Muslim Maros
  • Ernawati Ernawati
Keywords: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar, ex-post facto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 31 orang tua siswa dan 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan nilai thitung > ttabel (2,896 > 2,045); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI SD Bontokamase Kab. Gowa Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan nilai thitung > ttabel (2,558 > 2,045)

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anwar, A. S. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Perhatian Orang Tua dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Handoko, H., Siregar, R. J. E., & Wulansari, L. (2018, September). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018.

Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan motivasi berprestasi, minat dan perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133-1143.

Kholisyoh, S. A., Kusmanto, B., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164.

Mahmud, Dimyanti. 2001. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Mansyur, A. R. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2): 113–123. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.5

Nouwen, M., & Zaman, B. 2018. Redefining the role of parents in young children’s online interactions. A value-sensitive design case study. International Journal of Child-Computer Interaction, 18, 22–26. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.0 6.001

Pujiningrum, E., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 1-11.

Rahayu, W. P. M. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas VII-A Di SMP PGRI XI Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sholikhah, S. A., & Bahrodin, A. Korelasi Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika. Inovasi Kurikulum, 18(2), 242-252.

Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC;2013.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sundus M. 2018. The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety Sundus, 7(1), 296. https://doi.org/10.4172/2167- 1044.100029

Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Published
14-03-2022
How to Cite
Suryaningsih, I., & Ernawati, E. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD Bontokamase Kabupaten Gowa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1574
Section
Articles