PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6985Keywords:
Differentiated, Respiratory System, Discovery Learning, InteractiveAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keragaman karakteristik peserta didik SMP Yapentom II Maumere berdampak pada perbedaan gaya belajar, sehingga berpengaruh pada keaktifan dalam proses pembelajaran serta keterbatasan LKPD yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan penggunaan dari (e-LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development yang terdiri dari 4 tahapan pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate) dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil pengembangan berupa e-LKPD interaktif yang menyediakan berbagai aktivitas pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam. Instrument penelitian yang digunakan berupa validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk mengetahui kevalidan e-LKPD sedangkan angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dari e-LKPD yang digunkan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 82,22% dengan kategoria sangat valid, hasil validasi dari ahli bahasa diperoleh presentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid dan sedangkan hasil validasi dari ahli media sebesar 73,12% dengan kategoria valid. Pada uji coba yang dilakukan pada 25 peserta didik dengan peresentase sebesar 87% kriteria sangat praktis dan guru dengan peresentase 67% kriteria praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sistem pernapasan manusia di kelas VIII melalui pemanfaatan teknologi dan pendekatan discovery learning yang mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa.
Downloads
References
Atizah, K., Yusuf, M., & Ilham, D. (2024). Validitas dan Kepraktisan LKPD Interaktif Berbantuan Canva pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.71
Basir, N. E. S., Jusniar, J., & Razak, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.780
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280
Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & Putri, K. E. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21788
Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.304
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543
Ningsih, S., Hala, Y., & Usman. (2023). Menerapkan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keatifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Sinjai. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.580
Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.825
Septiani, W., & Amir, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Sarolangun Provinsi Jambi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(11), Article 11. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.673
Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37598
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Patrisia Hingi Koten, Mansur S, Yohanes Boli Tematan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.