PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII

Authors

  • Patrisia Hingi Koten Universitas Nusa Nipa
  • Mansur S Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Boli Tematan Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6985

Keywords:

Differentiated, Respiratory System, Discovery Learning, Interactive

Abstract

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keragaman karakteristik peserta didik SMP Yapentom II Maumere berdampak pada perbedaan gaya belajar, sehingga berpengaruh pada keaktifan dalam proses pembelajaran serta keterbatasan LKPD yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan penelitian  untuk mengetahui kelayakan penggunaan dari (e-LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development yang terdiri dari 4 tahapan pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate) dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil pengembangan berupa e-LKPD interaktif yang menyediakan berbagai aktivitas pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam. Instrument penelitian yang digunakan berupa validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk mengetahui kevalidan e-LKPD sedangkan angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dari e-LKPD yang digunkan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 82,22% dengan kategoria sangat valid, hasil validasi dari ahli bahasa diperoleh presentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid dan sedangkan hasil validasi dari ahli media sebesar 73,12% dengan kategoria valid. Pada uji coba yang dilakukan pada 25 peserta didik dengan peresentase sebesar 87% kriteria sangat praktis dan guru dengan peresentase 67% kriteria praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sistem pernapasan manusia di kelas VIII melalui pemanfaatan teknologi dan pendekatan discovery learning yang mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atizah, K., Yusuf, M., & Ilham, D. (2024). Validitas dan Kepraktisan LKPD Interaktif Berbantuan Canva pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.71

Basir, N. E. S., Jusniar, J., & Razak, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.780

Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280

Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & Putri, K. E. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21788

Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.304

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543

Ningsih, S., Hala, Y., & Usman. (2023). Menerapkan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keatifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Sinjai. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.580

Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.825

Septiani, W., & Amir, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Sarolangun Provinsi Jambi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(11), Article 11. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.673

Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37598

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Patrisia Hingi Koten, Mansur S, & Yohanes Boli Tematan. (2025). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 2024–2030. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6985