pengembangan E-modul berbasis contextual teaching and learning pada materi jamur

Authors

  • rini Andi Rini Universitas Muhamaddiyah Makassar
  • Riza Zativani Hayati Universitas Muhamaddiyah Makassar
  • Hilmi Hambali Universitas Muhamaddiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6864

Keywords:

E-modul, , Contextual Teaching and Learning (CTL), Jamur, ADDIE

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi jamur untuk peserta didik kelas X SMA. Subjek uji coba terdiri dari 32 siswa kelas X dan seorang guru biologi di SMA Negeri 9 Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan kepraktisan. Hasil validasi oleh dua ahli menunjukkan persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 85% (kategori sangat praktis), sedangkan uji coba kepraktisan oleh siswa memperoleh persentase 80% (kategori praktis). Dengan demikian, e-modul berbasis CTL pada materi jamur yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar digital dalam pembelajaran biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Surata, I. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Biologi. Bioedusiana, 4(2). https://doi.org/10.34289/292826

Tanzimah, T., Pazona, L. S., & Octaria, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP/MTs. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 337–351. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.9042

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Andi Rini, rini, Zativani Hayati, R., & Hambali, H. (2025). pengembangan E-modul berbasis contextual teaching and learning pada materi jamur. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1972–1976. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6864