Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Berorientasi HOTS Pada Materi Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6691Abstract
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem. Subjek uji coba terdiri dari 13 siswa kelas X IPA dan satu orang guru biologi di SMA Muhammadiyah 6 Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket penilaian kevalidan dan kepraktisan. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai validitas dan praktikalitas bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem yang dikembangkan memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil analisis kepraktisan dari guru dengan nilai 91% dengan kategori sangat praktis dan hasil analisis kepraktisan siswa diperoleh nilai 85% dengan kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem valid dan praktis.
Downloads
References
Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147-152.
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning Independence. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848.
Fitriyeni. (2023). Jurnal Basicedu. Pengembangan LKPD Digital Berbasis Etnosains Melayu Riau Pada Muatan IPA Sekolah Dasar, 7(1), 441–451.
Mardhiyah, Aldriani, Chitta, & Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Muqdamien, Birru, U. Juhri; Desty P. R. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development ( R & D ) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains. 6(1).
Nuriadila, N., Hendri, W., Azrita, A., & Sari, R. T. (2022). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Solving Pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA SMA. Bio-Pedagogi, 10(2), 82. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i2.55859
Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1890–1901. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2341
Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skill ) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V SD. 12(1), 76–89.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119.
Sitompul, N. A., Anas, N., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan HOTS Siswa Kelas X SMA. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(3), 243. https://doi.org/10.55241/spibio.v4i3.289.
Syachruroji, A., Andriana, E., & Pinalar, I. K. (2023). Pengembangan Media Kotak Proses Fotosintesis Berbasis HOTS Pada Materi Fotosintesis Terhadap IPA Kelas IV SDN Unyur. Jurnal Sinektik, 5(2), 96–102. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.7525.
Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Keterampilan Sains Siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurwahidah, Irmawanty, Riza Sativani Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.