Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Berorientasi HOTS Pada Materi Ekosistem

Authors

  • Nurwahidah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irmawanty Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Riza Sativani Hayati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6691

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem. Subjek uji coba terdiri dari 13 siswa kelas X IPA dan satu orang guru biologi di SMA Muhammadiyah 6 Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket penilaian kevalidan dan kepraktisan. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai validitas dan praktikalitas bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem yang dikembangkan memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil analisis kepraktisan dari guru dengan nilai 91% dengan kategori sangat praktis dan hasil analisis kepraktisan siswa diperoleh nilai 85% dengan kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-LKPD berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi ekosistem valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147-152.

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning Independence. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848.

Fitriyeni. (2023). Jurnal Basicedu. Pengembangan LKPD Digital Berbasis Etnosains Melayu Riau Pada Muatan IPA Sekolah Dasar, 7(1), 441–451.

Mardhiyah, Aldriani, Chitta, & Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Muqdamien, Birru, U. Juhri; Desty P. R. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development ( R & D ) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains. 6(1).

Nuriadila, N., Hendri, W., Azrita, A., & Sari, R. T. (2022). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Solving Pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA SMA. Bio-Pedagogi, 10(2), 82. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i2.55859

Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1890–1901. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2341

Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skill ) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V SD. 12(1), 76–89.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515.

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119.

Sitompul, N. A., Anas, N., & Siregar, L. N. K. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan HOTS Siswa Kelas X SMA. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(3), 243. https://doi.org/10.55241/spibio.v4i3.289.

Syachruroji, A., Andriana, E., & Pinalar, I. K. (2023). Pengembangan Media Kotak Proses Fotosintesis Berbasis HOTS Pada Materi Fotosintesis Terhadap IPA Kelas IV SDN Unyur. Jurnal Sinektik, 5(2), 96–102. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.7525.

Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Keterampilan Sains Siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Nurwahidah, Irmawanty, & Riza Sativani Hayati. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Berorientasi HOTS Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1961–1967. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6691