PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATERI MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH

Main Article Content

Lukas Bera
Sturmius Theofanus Lering

Abstract

Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai mekanisme untuk mempersiapkan individu menghadapi tantangan kehidupan dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDI Sinde Kabor karena terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran IPA. Siswa mengalami kesulitan karena materi IPA yang diajarkan terlalu luas dan cenderung berfokus pada hafalan. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang memahami konsep dasar yang penting dalam IPA, sehingga hasil belajar mereka tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, dan salah satu model yang diterapkan adalah Snowball Throwing. Dengan menerapkan model Snowball Throwing, hasil belajar siswa dalam kompetensi pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) pada pembelajaran IPA menunjukkan peningkatan yang signifikan. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar, serta meningkatkan kolaborasi antar siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut terbukti dari evaluasi yang dilakukan pada setiap siklus pembelajaran, dimana terjadi peningkatan pada kedua kompetensi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan hasil belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Bera, L., & Theofanus Lering, S. (2024). PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATERI MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1161 - 1169. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.3958
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Akhiriyah, Dewi Yuni. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. Volume 1, nomor 2. Diunduh pada tanggal 27 Maret 2017.
Arends. R. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Depdiknas.
Erniwati. (2015). “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman”. (Vol: 1 No: 1 tahun 2015). http://jurnal.iicet.org.28 Februari 2017
Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- ruzz Media.
Hamid. (2014). Metode Edu Tainment. Jogjakarta: Diva press.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Patton, Michael Quinn. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Jogja : Pustaka Belajar.
Sapriya. (2008). Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium Pkn.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Solihatin, E, R. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2013). Pengembangan Pembelajran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Utama, dkk. (2013). The Effect Of Think Pair Share Strategy to Students Self- Confident and Speaking Competency of the Second Grade Student of SMPN 6 Singaraja. (Vol 1). http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jpbi/article/view/740. 28 Febuari 2017
Warsono. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.