PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATERI MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH
Main Article Content
Abstract
Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai mekanisme untuk mempersiapkan individu menghadapi tantangan kehidupan dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDI Sinde Kabor karena terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran IPA. Siswa mengalami kesulitan karena materi IPA yang diajarkan terlalu luas dan cenderung berfokus pada hafalan. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang memahami konsep dasar yang penting dalam IPA, sehingga hasil belajar mereka tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, dan salah satu model yang diterapkan adalah Snowball Throwing. Dengan menerapkan model Snowball Throwing, hasil belajar siswa dalam kompetensi pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) pada pembelajaran IPA menunjukkan peningkatan yang signifikan. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar, serta meningkatkan kolaborasi antar siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut terbukti dari evaluasi yang dilakukan pada setiap siklus pembelajaran, dimana terjadi peningkatan pada kedua kompetensi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan hasil belajar mereka.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Akhiriyah, Dewi Yuni. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. Volume 1, nomor 2. Diunduh pada tanggal 27 Maret 2017.
Arends. R. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Depdiknas.
Erniwati. (2015). “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman”. (Vol: 1 No: 1 tahun 2015). http://jurnal.iicet.org.28 Februari 2017
Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- ruzz Media.
Hamid. (2014). Metode Edu Tainment. Jogjakarta: Diva press.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Patton, Michael Quinn. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Jogja : Pustaka Belajar.
Sapriya. (2008). Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium Pkn.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Solihatin, E, R. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2013). Pengembangan Pembelajran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Utama, dkk. (2013). The Effect Of Think Pair Share Strategy to Students Self- Confident and Speaking Competency of the Second Grade Student of SMPN 6 Singaraja. (Vol 1). http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jpbi/article/view/740. 28 Febuari 2017
Warsono. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.