Preliminary research: Tahapan awal dalam Pengembangan Media Interaktif Game Berbasis Software Construct 2 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia kelas VIII di SMP Negeri 25 Pekanbaru.

Main Article Content

roizawati
Sepita ferazona

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Software  Construct 2 pada mata pelajaran Peredaran Darah Manusia. Analisis kebutuhan siswa ini difokuskan pada siswa sekolah menengah Pertama di kota Pekanbaru. Metode yang dipilih untuk pengumpulan data adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk mendapatkan data adalah responden siswa sekolah menengah Pertama di kota Pekanbaru yang dipilih secara acak di kelas VIII dan terdiri atas 20 orang responden. Data dikumpulkan melalui  observasi, wawancara dan pengisian kuesioner berupa angket. Hasil data kuesioner ini kemudian diolah dan diubah menjadi persentase dalam bentuk  tabel dan grafik.. Analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran melalui Software Construt 2 dalam Pembuatan Game edukasi berbasis Platform game untuk siswa kelas VIII SMP menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan game edukasi sangat dibutuhkan dan siswa merasa tertarik dengan menggunakan Platform game tersebut sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada persentase pernyataan Ya terhadap pembuatan media pembelajaran dalam bentuk platform game pada mata pelajaran Peredaran darah manusia, yaitu pada persentase 95% . Hasil analisis kebutuhan siswa ini akan digunakan untuk perancangan media pembelajaran berbasis platform game dengan menggunakan software Construct 2 pada mata pelajaran Peredaran darah manusia untuk tingkat sekolah menengah pertama di kota Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
roizawati, & ferazona, S. (2024). Preliminary research: Tahapan awal dalam Pengembangan Media Interaktif Game Berbasis Software Construct 2 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia kelas VIII di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Jurnal Biogenerasi, 9(1), 956 - 963. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3638
Section
Articles

References

Agus, Rachmi Marsheilla, dan Eko Bagus Fahrizqi. 2020. “Analisis tingkat kepercayaan diri saat bertanding atlet pencak silat perguruan satria sejati.” Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 19(2): 164–74.
Arisandy, Debby, Jefri Marzal, dan Maison Maison. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(3): 3038–52.
Fitria, M. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MTsN 1 BANDA ACEH.”
Khoirunnisya, M. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” https://repository.uir.ac.id/13589/.
Prianggi, Yusuf, Budaya Astra I Ketut, dan Suwiwa I Gede. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Bola Voli Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo.” Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha 10(3): 122–30.
Puspita, E L A. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK.
Saputro, Titon Agung, dan Novisita Ratu. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII.” 2(1): 1–8.
Sugihartini, Nyoman, dan Kadek Yudiana. 2018. “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15(2): 277–86.
Tursinah, T, H Hariyanto, dan ... 2020. “Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 pada materi meditasi ketenangan batin.” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK) Volume 5 N: 64–78. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/BAHUSACCA/article/view/371