Preliminary research: Tahapan awal dalam Pengembangan Media Interaktif Game Berbasis Software Construct 2 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia kelas VIII di SMP Negeri 25 Pekanbaru.
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Software Construct 2 pada mata pelajaran Peredaran Darah Manusia. Analisis kebutuhan siswa ini difokuskan pada siswa sekolah menengah Pertama di kota Pekanbaru. Metode yang dipilih untuk pengumpulan data adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk mendapatkan data adalah responden siswa sekolah menengah Pertama di kota Pekanbaru yang dipilih secara acak di kelas VIII dan terdiri atas 20 orang responden. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pengisian kuesioner berupa angket. Hasil data kuesioner ini kemudian diolah dan diubah menjadi persentase dalam bentuk tabel dan grafik.. Analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran melalui Software Construt 2 dalam Pembuatan Game edukasi berbasis Platform game untuk siswa kelas VIII SMP menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan game edukasi sangat dibutuhkan dan siswa merasa tertarik dengan menggunakan Platform game tersebut sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada persentase pernyataan Ya terhadap pembuatan media pembelajaran dalam bentuk platform game pada mata pelajaran Peredaran darah manusia, yaitu pada persentase 95% . Hasil analisis kebutuhan siswa ini akan digunakan untuk perancangan media pembelajaran berbasis platform game dengan menggunakan software Construct 2 pada mata pelajaran Peredaran darah manusia untuk tingkat sekolah menengah pertama di kota Pekanbaru
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arisandy, Debby, Jefri Marzal, dan Maison Maison. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(3): 3038–52.
Fitria, M. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MTsN 1 BANDA ACEH.”
Khoirunnisya, M. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” https://repository.uir.ac.id/13589/.
Prianggi, Yusuf, Budaya Astra I Ketut, dan Suwiwa I Gede. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Bola Voli Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo.” Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha 10(3): 122–30.
Puspita, E L A. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK.
Saputro, Titon Agung, dan Novisita Ratu. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII.” 2(1): 1–8.
Sugihartini, Nyoman, dan Kadek Yudiana. 2018. “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15(2): 277–86.
Tursinah, T, H Hariyanto, dan ... 2020. “Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 pada materi meditasi ketenangan batin.” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK) Volume 5 N: 64–78. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/BAHUSACCA/article/view/371