PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN
Keywords:
lembar kerja mahasiswa, berbasis masalah, fisiologi tumbuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis masalah yang dapat digunakan pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan desain penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi, kelas VIB dengan melibatkan 29 mahasiswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan uji validasi, reliabilitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis validasi LKM dan angket respon mahasiswa diperoleh nilai Rx= 0,68 dan 0,75 dan nilai Rx= 0,77 dan 0,78 termasuk dalam kategori tinggi; 2) Hasil analisis reliabilitas LKM dan angket respon mahasiswa diperoleh derajat reliabilitas 0,743 dan 0,819 berada pada taraf tinggi; 3) Hasil analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon mahasiswa diperoleh nilai 77,07 dan 82 dengan kriteria praktis (tidak revisi). Hal ini berarti lembar kerja mahasiswa berbasis masalah yang telah dikembangkan dapat digunakan pada mata kuliah fisiologi tumbuhan
Downloads
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Akker. (1999). Principles and Method of Development Research. Dalam. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Febriani, M. (2016). Pemanfaatan lembar Kerja Mahasiswa untuk meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 16, No. 1, April 2016, (https://media.neliti.com/media/publications/118475-ID-pemanfaatan-lembar-kerja-mahasiswa-untuk.pdf, Diakses 23 Maret 2020).
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro. Yogyakarta.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Ni’mah, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 2, No. 3, Hal 175-183. (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/ ISSN: 2338-9117, Diakses 23 Maret 2020).
Pasandaran, R. F dkk. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuktian Dalil-Dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo Volume 03, Nomor 1.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.
Rahmi dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 21 Juni 2014, Vol 5, No.1, ISSN: 2087-0922.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Yokyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.