ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KELAS IV SD NEGERI 271 APUNDI
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3399Keywords:
Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, IPAAbstract
Konsentrasi dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk dimiliki siswa agar tercapainya proses pembelajaran dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA ditinjau dari hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Lara II. Pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Dimana peneliti memilih sampel dengan cara membagikan soal pilihan ganda kepada seluruh siswa kelas IV UPT. SD Negeri 271 APUNDI. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada 4 tahapan yaitu: pengumpulan data (data colecction), reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Subjek A dengan hasil belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator konsentrasi belajar, nilai akhir yang diperoleh subjek A yaitu 85. Subjek B dengan hasil belajar sedang mampu memenuhi 6 indikator konsentrasi belajar, dan indikator konsentrasi belajar yang tidak di penuhi antara lain “mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh”, “mampu menganalisis pengetahuan yang di peroleh” dan “mampu mengemukakan ide/pendapat”. Subjek B memperoleh skor 80 dan termasuk siswa yang memunyai tingkat konsentrasi belajar yang tinggi. Subjek C memperoleh skor 90 dan termasuk kategori tingkat konsentrasi belajar yang tinggi. Subjek C telah mampu memenuhi 8 indikator konsentrasi belajar, mengenai indikator konsentrasi belajar yang tidak di penuhi, yaitu “mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.