ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KELAS IV SD NEGERI 271 APUNDI

Authors

  • nur haspidawati nur a:1:{s:5:"en_US";s:31:"universitas cokroaminoto palopo";}
  • Jusrianto
  • Daniel Parubang

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3399

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Konsentrasi dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk dimiliki siswa agar tercapainya proses pembelajaran dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA ditinjau dari hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Lara II. Pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Dimana peneliti memilih sampel dengan cara membagikan soal pilihan ganda kepada seluruh siswa kelas IV UPT. SD Negeri 271 APUNDI. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada 4 tahapan yaitu: pengumpulan data (data colecction), reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Subjek A dengan hasil belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator konsentrasi belajar, nilai akhir yang diperoleh subjek A yaitu 85. Subjek B dengan hasil belajar sedang mampu memenuhi 6 indikator konsentrasi belajar, dan indikator konsentrasi belajar yang tidak di penuhi antara lain “mampu mengaplikasikan  pengetahuan  yang  diperoleh”,  “mampu  menganalisis pengetahuan yang di peroleh” dan “mampu mengemukakan ide/pendapat”. Subjek B memperoleh skor 80 dan termasuk siswa yang memunyai tingkat konsentrasi belajar yang tinggi. Subjek C memperoleh skor 90 dan termasuk kategori tingkat konsentrasi belajar yang tinggi. Subjek C telah mampu memenuhi 8 indikator konsentrasi belajar, mengenai indikator konsentrasi belajar yang tidak di penuhi, yaitu “mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

haspidawati nur, nur, Jusrianto, & Parubang, D. (2024). ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KELAS IV SD NEGERI 271 APUNDI. Jurnal Biogenerasi, 9(1), 694–699. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3399