PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS X SMAN 2 JENEPONTO

Authors

  • Andi Fatimah
  • Ismail
  • Andi Irma Suryani

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2294

Keywords:

Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah adanya dampak kemajuan globalisasi pada bidang Pendidikan dimana peserta didik mengalami kesulitan belajar khususnya pada mata pelajaran biologi. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka proses pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan. Peserta didik perlu dibiasakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber dan memecahkan permasalahan secara individu maupun perkelompok. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi pokok materi virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto yang terdiri dari 35 peserta didik. instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa perubahan nilai peserta didik dari pre ke post test termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif. 5(1): 68-75.
Helmizan. 2013. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Model Discovery Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Ngayyum. Tidak Diterbitkan.
Oliver-Hoyo, M., and D. Allen. 2005. Attitudinal effects of a student-centered active learning environment. Journal of Chemical Education 82 (6): 944–49.
Rokhmatika, Siti., Harlita, dan Prayitno, B.A., (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 2, 72-83.
Nugraheni, E. 2007. Student Centered Learning dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 8 (1): 1-10
Hanafiah, M. N. & Suhana C, M. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Nurhidayati, S., Siti, Z., & Sri, E. I. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 285.
Ningsyih, S., Eka, J., & Sarifa, W. A. I. 2016. Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar MIPA. 11(1), 56.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Fatimah, A. ., Ismail, & Irma Suryani, A. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS X SMAN 2 JENEPONTO. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 389–393. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2294