HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENERAPAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII UPT SPF SMP NEGERI 8 MAKASSAR

Authors

  • wirayustika wirayustika a:1:{s:5:"en_US";s:33:"Universitas Muhammadiyah Makassar";}

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2237

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk:(1) memperoleh deskripsi tentang peningkatan hasil  belajar Biologi siswa kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 8 Makassar pada pokok bahasan sistem organ pada manusia; (2) meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 8 Makassar pada pokok bahasan sistem organ pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan model kolaborasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I 68,57%, siklus II 85,71%; (2) Penerapan model kolaborasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengn model kolaborasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

wirayustika, wirayustika. (2023). HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENERAPAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII UPT SPF SMP NEGERI 8 MAKASSAR. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 371–377. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2237