upaya UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH

Authors

  • fadilla roji a:1:{s:5:"en_US";s:110:"Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2196

Abstract

Strategi pembelajaran aktif adalah suatu strategi yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang berlangsung, untuk meningkatakan keaktifan tersebut siswa harus berinteraksi terhadap teman-teman nya, dengan metode listening team yang mana lebih menekankan siswa untuk aktif dalam kelompok di kelas, maka dari itu pembelajaran yang berjalanya akan efektif dan terarah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Mei 2022 di Sma Al-Wasliyah 7Sei Rampah. Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa  dalam  metode strategi listening team, yang mana disini listening team ialah keaktifan siswa dalam interaksi pada kelompok nya atau pada orang lain di sekitarnya.LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), RPP (Rencana Pembelajaran Peserta didik) dan PPT (Power Point disertakan HP (Handphone). Teknik pertama ini adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung. Untuk melakukan observasi seorang peneliti diharuskan melakukan  pengamatan di tempat dimana objek penelitian diamati, menggunakan pancaindra yang kemudian dikumpulkan dalam catatan atau alat rekam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H.G.Tarigan. 1987. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta.
Huda, Miftahul, (2014). Model-model Pengajaran Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Juliana. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Kemampuan Berpikir Kritissiswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bireuen. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Almuslim, No. 3 ISSN 2085-6172.
Mulyasa. E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Konsep. Karakteristik dan Implementasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Pailkem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan kreatit, Efektif, Menarik), Bumi Aksara Jakarta.
Ysh, Soegeng. A.Y. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. IKIP PGRI Semarang Press. Semarang.
Zaini, Hisyam, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

roji, fadilla. (2023). upaya UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH: UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 358–363. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2196