upaya UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (LISTENING TEAM) PADA SEKOLAH SMA AL- WASLIYAH7 KECAMATAN SEI RAMPAH
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2196Abstract
Strategi pembelajaran aktif adalah suatu strategi yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang berlangsung, untuk meningkatakan keaktifan tersebut siswa harus berinteraksi terhadap teman-teman nya, dengan metode listening team yang mana lebih menekankan siswa untuk aktif dalam kelompok di kelas, maka dari itu pembelajaran yang berjalanya akan efektif dan terarah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Mei 2022 di Sma Al-Wasliyah 7Sei Rampah. Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam metode strategi listening team, yang mana disini listening team ialah keaktifan siswa dalam interaksi pada kelompok nya atau pada orang lain di sekitarnya.LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), RPP (Rencana Pembelajaran Peserta didik) dan PPT (Power Point disertakan HP (Handphone). Teknik pertama ini adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung. Untuk melakukan observasi seorang peneliti diharuskan melakukan pengamatan di tempat dimana objek penelitian diamati, menggunakan pancaindra yang kemudian dikumpulkan dalam catatan atau alat rekam.
Downloads
References
Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta.
Huda, Miftahul, (2014). Model-model Pengajaran Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Juliana. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Kemampuan Berpikir Kritissiswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bireuen. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Almuslim, No. 3 ISSN 2085-6172.
Mulyasa. E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Konsep. Karakteristik dan Implementasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Pailkem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan kreatit, Efektif, Menarik), Bumi Aksara Jakarta.
Ysh, Soegeng. A.Y. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. IKIP PGRI Semarang Press. Semarang.
Zaini, Hisyam, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.