Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Olahan Ikan

  • I Ketut Patra Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Asriany Asriany Universitas Muhammadiyah Palopo
Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat, Ikan

Abstract

Program KKN-PPM ini bertujuan untuk: 1) Memperoleh metode pengolahan ikan segar menjadi produk olahan ikan (bakso, nugget, abon, dan kerupuk); 2) Memperoleh metode pengemasan produk olahan ikan (bakso, nugget, abon dan kerupuk) yang unik, modern, tahan lama, dan higienis; 3) Memperoleh produk olahan ikan (bakso, nugget, dan kerupuk) dalam kemasan yang siap untuk dipasarkan sehingga masyarakat memperoleh keuntungan dan dapat meningkatkan pendapatannya; dan 4) Terbentuknya sentra produk olahan ikan (bakso, nugget, abon, dan kerupuk) yang berkelanjutan; dan 5) Meningkatnya kemampuan manajemen usaha pada masyarakat sasaran. Pendekatan yang digunakan adalah: 1) Model eko-efesiensi (eco-development), memadukan sinergis antara komponen ekologi dan ekonomi; 2) Model Center for Environment and Society, dengan cara memanfaatkan barang alamiah dan jasa yang tidak merusak lingkungan dan memanfaatkan pengetahuan serta keterampilan mitra yang dipilih; dan 3) Model Enthrepreneurship Capasity Building (ECB), untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha dari masyarakat. Hasil dari program ini adalah semakin meningkatnya kemampuan masyarakat dalam mengolah ikan menjadi aneka olahan yang variatif, bergizi, dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Kegiatan KKN-PPM telah menjadi  wahana transfer ilmu pengetahuan dan teknologi antara mahasiswa yang sedang melakukan KKN bersama masyarakat bersama-sama dalam meningkatkan keberdayaan masyarakat untuk dapat sejahtera dan menikmati penghasilan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Badan Pusat Statistik Luwu Utara, 2017. Luwu Utara dalam Angka

Baharuddin Dollah, 2016. Tudang Sipulung sebagai Komunikasi Kelompok dalam Berbagi Informasi Tudang Sipulung, Jurnal Pekommas, Vol. 1 No. 2.

Delvi Yanti, 2016. Pemberdayaan Masyarakat Tani melalui Pengembangan Produk Olahan Ikan di Nagari Tarung-tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Jurnal Agrokreatif Vol 2.

Zainuddin Antuli, 2015. Teknologi Inovasi Pengolahan Ikan Yang Bernilai Ekonomi Rendah Menjadi Produk Nugget Yang Bergizi Dan Bernilai Ekonomi Tinggi Di Desa Gentuma Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, Laporan Penelitian.

Restu, 2016. Pengolahan Abon Ikan Karandang (Channa pleurophthalmus) dengan Penambahan Kelapa Parut, Jurnal Ilmu Hewani Tropika Vol 5. No. 1.

Siti Erlina, 2016. Prospek Usaha Pembuatan Kerupuk Ikan Gabus, Jurnal Ziraa’ah, Volume 41 Nomor 2.

Published
19-11-2019
How to Cite
Patra, I. K., & Asriany, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Olahan Ikan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 11-19. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/92