Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Di Upt Sd Negeri 16 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6311Keywords:
kecerdasan buatan, pembelajaran digital, sekolah dasar, pelatihan guru, transformasi pendidikanAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dasar menjadi semakin krusial di tengah perkembangan era digital dan Revolusi Industri 4.0. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan literasi teknologi di lingkungan sekolah dasar, khususnya dalam pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih interaktif dan adaptif. Program ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 16 Parepare dengan tujuan utama untuk mengimplementasikan pendekatan pembelajaran berbasis AI. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan intensif kepada guru mengenai konsep dan praktik penggunaan AI, penerapan langsung AI dalam kegiatan pembelajaran di kelas, serta evaluasi untuk mengukur dampak kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan AI ke dalam pembelajaran, serta meningkatnya minat dan partisipasi aktif siswa selama proses belajar. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam memperkenalkan transformasi digital di lingkungan sekolah dasar, serta berpotensi menjadi model replikasi untuk sekolah lainnya.
Downloads
References
Ayanwale, M. A., Sanusi, I. T., Adelana, O. P., Aruleba, K. D., & Oyelere, S. S. (2022). Teachers’ readiness and intention to teach artificial intelligence in schools. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100099. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100099
Cakraningtyas, A. S., Alinta, I., & Susilo, B. (2025). Analisis Tantangan Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Lentera Pengabdian, 3(01), 101–106. https://doi.org/10.59422/lp.v3i01.661
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
Marta dinata, R., Marhaeni, & Lely Mustika. (2025). Sosialisasi Kecerdasan Buatan untuk Penguatan Literasi Digital di SDN Kademangan. Charity, 8(1). https://doi.org/10.25124/charity.v8i1.8612
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). MANFAAT KECERDASAN BUATAN UNTUK PENDIDIKAN. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Sahren, S., Ruri Ashari Dalimunthe, Afrisawati, A., & Muhammad Wahi Butar-Butar. (2023). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di UPT SD Negeri 04 Sei Muka. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(3), 132–139. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.205
Sitorus, S. A., Silaban, P., Mei Liana, T. M., Simanjuntak, A., & Sianipar, G. J. M. (2024). Implementasi Kecerdasan Buatan di Bidang Akademik Pada Kampus Fisipol Universitas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 213–219. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v5i1.2119
Taufik, I., & Rindaningsih, I. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Guru Sebagai Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan (AI). Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63–69. https://doi.org/10.18592/moe.v10i1.12037
Thamrin, H., Fatkhurrahman, Z., & Arsyad, M. L. (2024). Pelatihan Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Bagi Dosen UMMAD. Abdi Teknoyasa, 291–295. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i1.5656
Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Chairunnisa Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.