Pelatihan Isolasi DNA bagi Siswa SMAN 2 Luwu dan SMAN 6 Luwu

  • Ridha Yulyani Wardi Program Studi Biologi, Fakultas Sains, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Eka Pratiwi Haris Program Studi Biologi Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunarti Cambaba Program Studi Biologi, Fakultas Sains, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Eva Sohriati Program Studi Biologi, Fakultas Sains, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Suhaeni Program Studi Biologi, Fakultas Sains, Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: biologi, genetika, hereditas, praktikum isolasi DNA

Abstract

Pelaksanaan kegiatan praktikum terkait materi genetika di SMAN 2 dan SMAN 6 Luwu masih sangat jarang dilakukan sehingga minat dan antusias siswa rendah dalam mempelajari materi biologi. Kegiatan isolasi DNA bagi siswa SMAN 2 dan SMAN 6 Luwu bertujuan untuk meningkatkan antusias siswa kelas XII terhadap pembelajaran biologi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 tahapan, yaitu: (1) persiapan yang meliputi observasi dan analisis situasi, (2) pelaksanaan meliputi pemberian materi dan praktikum isolasi DNA dengan alat dan bahan serta metode sederhana, dan (3) kegiatan evaluasi dan monitoring yang meliputi evaluasi kegiatan pembelajaran. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan berhasil meningkatkan minat siswa kelas XII SMAN 2 dan SMAN 6 Luwu dalam mempelajari materi genetika dan hereditas pada manusia. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan sikap siswa dari yang semula acuh tak acuh menjadi antusias dan dapat menjelaskan kembali apa yang telah dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adan, S.I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2): 76-86.

Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., Probowati,A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1): 1-7.

Ali, M. M., Sukanto. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. Experiment: Journal of Science Education, 1(2): 44-51.

Anwar, I. F., Harahap, L. J. (2021). Pelatihan Budidaya Hidroponik Sayur Daun: Pemberdayaan Masyarakat Panyirapan Banten, Indonesia di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(2): 136-151.

Harahap, L. J., Siregar, R. A., Marpaung, D. R. A. K. (2022). Analisis pelaksanaan Praktikum dan Kelengkapan Sarana Prasarana Laboratorium Biologi di SMA Negeri Kota Padangsdimpuan. Boedunis Journal, 1(1): 9-16.

Juliandini, G. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami sebagai Indikator Asam Basa dengan Metode Praktikum IPA. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1): 180-184.

Mujayana, M., Pasande, R. (2013). Isolasi DNA Rumput Laut Kappaphycus alvarezii dengan Membandingkan Metode Fenol Kloroform dengan Metode Wattier. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 11(1): 1-5.

Nainggolan, W.A., Sipahutar, M., Ramadhani, N.A., Thania, O.E., Tanjung, I.F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Genetika di MAS 1 Yaspi Labuhan Deli. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1): 79-86.

Nisa, U.M., 2017. Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 14(1): 62-68.

Prayudi, A., Fathirma’ruf, Supriyaddin, Arifin, Jama’ah. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Analogi dalam Proses Pembelajaran. Ainara Journal, 4(1): 22-28.

Qonita, R., Hariz, A. R., & Wijayanti, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Daring pada Siswa SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2): 83-92.

Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2): 279-285.

Rante, H., Djide, M. N., Sartini, Yulianty, R., Pakki, E., Fatmawaty, A., Tayeb, R., Wahyudin, E. (2021). Pengenalan Bioteknologi melalui Pelatihan Isolasi dan Ekstraksi DNA pada Guru dan Siswa SMA Negeri 13 di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita_Abdi, 5(4): 698-702.

Saparas, N., Wulandini, I., Sipahutar, R.P.K., Tarihoran, S. Y., Khairani, M., & Tanjung, I.F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Bioteknologi pada Siswa SMA dengan Kegiatan Praktikum. Best Journal, 5(2): 175-180.

Wati, T. L., Wachidah, K., Rohmah, J., Putri, A. Y., Putra, M. F., Y., Silvia, E. D. E., Firdaus, F. S. (2022). Pelatihan Media Visual Berbasis Bahan Alam sebagai Fasilitas pembelajaran Merdeka Belajar di SDN Kupang 4 Sidoarjo. Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Yuningsih, Y., Susilo, M. J. (2018). Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(3): 268-279.

Published
09-07-2024
How to Cite
Wardi, R. Y., Haris, E. P., Cambaba, S., Sohriati, E., & Suhaeni. (2024). Pelatihan Isolasi DNA bagi Siswa SMAN 2 Luwu dan SMAN 6 Luwu. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 73-81. https://doi.org/10.30605/atjpm.v5i2.4154
Section
Articles