Sosialisasi Global Warming Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Mario Kabupaten Luwu

  • Husnani Aliah Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Salma Idris Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Muh. Damar Udin Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Andi Imbara Kautsar Al Qadri Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nur Pertiwi Universitas Muhammadiyah Palopo
Keywords: pemanasan global, sosialisasi, pendidikan lingkungan, tanggung jawab lingkungan

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengabdian sosial yang bertujuan untuk menyosialisasikan isu pemanasan global kepada anak-anak sekolah dasar. Pemanasan global merupakan fenomena yang semakin mendapat perhatian luas di seluruh dunia karena dampaknya yang serius terhadap lingkungan dan kehidupan manusia. Di Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, isu pemanasan global menjadi semakin relevan karena dapat mengancam wilayah pesisir, produktivitas pertanian, dan meningkatkan risiko bencana alam. Pendekatan pengabdian ini dilakukan melalui kunjungan ke dua sekolah dasar, yaitu SD 61 Mario dan MI Datok Pattimang, di mana sosialisasi tentang pemanasan global disampaikan kepada para siswa dengan menggunakan metode yang kreatif dan interaktif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode ini berhasil meningkatkan minat, kesadaran, dan motivasi siswa dalam memahami dan bertindak terhadap isu lingkungan, khususnya pemanasan global. Pengabdian ini juga berhasil menginternalisasi nilai- nilai keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan di kalangan siswa. Diharapkan bahwa kesadaran dan motivasi yang ditanamkan dalam pengabdian ini dapat bertahan dalam jangka panjang dan membawa dampak positif dalam upaya mengatasi masalah pemanasan global di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Duke University Press. (2022). Student Engagement and Environmental Awareness. Diakses dari Duke University Press.

Frontiers in Climate. (2024). Explores scientific advances in climate research.

Diakses dari Frontiers in Climate.

Global Environment Facility (GEF). (2024). Climate Change. Diakses dari GEF. Harvard Graduate School of Education. (2024). Climate Change in Education.

Diakses dari Harvard Graduate School of Education.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC). (2022). Climate Change 2022: Impacts, Adaptation and Vulnerability. Diakses dari IPCC.

JSTOR. (n.d.). The Science of Climate Change. Diakses dari JSTOR.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2018). Third Biennial Update Report Under the United Nations Framework Convention on Climate Change. Diakses dari UNFCCC.

MDPI Sustainability Journal. (2024). Investigating Factors Influencing Students’ Engagement in Sustainable Online Education. Diakses dari MDPI Sustainability Journal.

Medium. (2023). 3 ways education can help to combat climate change in Indonesia. Diakses dari Medium.

NASA. (2021). 2021 Tied for 6th Warmest Year in Continued Trend, NASA Analysis Shows. Diakses dari NASA.

National Geographic Society. (2024). Earth’s Changing Climate. Diakses dari National Geographic.

National Geographic. (2023). Activities to teach kids about climate change.

Diakses dari National Geographic.

PLOS Climate. (2024). Advancing action on the UN Sustainable Development Goals. Diakses dari PLOS Climate.

PLOS ONE. (2015). Talking about Climate Change and Global Warming.

Diakses dari PLOS ONE.

Tempo.co. (2022). 4 Effects of Climate Change on Indonesia’s Environment.

Diakses dari Tempo.co.

The Jakarta Post. (2021). Indonesia steps up fight against climate change. Diakses dari The Jakarta Post.

Tollefson, J. (2022). Climate change is hitting the planet faster than scientists originally thought. Nature. Diakses dari Nature.

UN News. (2020). Climate change: educating students to fight the crisis. Diakses dari UN News.

UNESCO. (2019). Why we urgently need to teach and learn about climate change.

Diakses dari UNESCO.

United Nations Development Programme. (2021). Indonesian Local Government’s Participation to Achieve National Climate Target. Diakses dari UNDP.

Wills-Karp, M. (2024). Climate change-associated health impacts: a way forward.

Frontiers in Science. Diakses dari Frontiers.

World Bank Group. (2023). Indonesia Country Climate and Development Report.

Diakses dari World Bank Group.

World Bank Group. (2023). Hot Water Rising: The Impact of Climate Change on Indonesia’s Fisheries and Coastal Communities. Diakses dari World Bank Group.

World Economic Forum. (2023). Here’s how we can teach climate change education in schools. Diakses dari World Economic Forum.

Yale Program on Climate Change Communication. (2023). Climate Change in the Indonesian Mind. Diakses dari Yale Program on Climate Change Communication.

Pathak, H., et al. (2024). Climate change mitigation and Sustainable Development Goals: Evidence and research gaps. PLOS Climate. Diakses dari PLOS Climate.

Kirk, K., et al. (2024). Temperature impacts on dengue incidence are nonlinear and mediated by climatic and socioeconomic factors: A meta-analysis. PLOS Climate. Diakses dari PLOS Climate.

Published
30-06-2024
How to Cite
Husnani Aliah, Idris, S., Udin, M. D., Andi Imbara Kautsar Al Qadri, & Nur Pertiwi. (2024). Sosialisasi Global Warming Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Mario Kabupaten Luwu. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 49-57. https://doi.org/10.30605/atjpm.v5i2.4043
Section
Articles