PKM PELATIHAN PEMBUATAN ECOPRINT UNTUK IBU-IBU PKK BERDAMPAK COVID-19 DI KOMPLEK BCL HAJIMENA LAMPUNG SELATAN

  • Dedi Putra Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Anik Irawati
  • Pebrina Swissia
Keywords: pelatihan, pembuatan ecoprint teknik steam

Abstract

Teknik eco print merupakan salah salah satu alternatif industri rumahan berupa produk tekstil yang ramah lingkungan Ecoprint adalah batik yang menggunaka daun, bunga atau kayu yang dapat mengeluarkan warna. Ibu-ibu PKK Kompleks BCL Lamsel yang belum memiliki ketrampilan dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk meningkatkan pendapatan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan ecoprint. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepada mitra dalam pembuatan ecoprint 1) sosialisasi kepada ibu-ibu tentang eco print, 2) pelatihan kepada ibu-ibu dalam pembuatan ecoprint. Tahap sosialisasi dilakukan dengan mensosialisasikan ecoprint sebagai produk ramah lingkungan dan mengenalkan bahan-bahan untuk membuat ecoprint. Pelatihan pembuatan ecoprint menggunakan teknik steam melalui tahap-tahap: scouring (pencucian kain), mordanting (perendaman kain pada larutan mordan dan larutan pewarna alami), penyusunan daun di atas kain, pengukusan, dan fiksasi (pengeringan). Hasil yang diperoleh, mitra memiliki peningkatan ketrampilan membuat ecoprint dan memperoleh pendapatan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Gratha, Benny. 2012. Panduan Mudah Belajar Membatik. Jakarta: Demedia.

Hamzuri. 2000. Batik Klasik. Jakarta: Penerbit Jambatan.

Husna, F. (2016). Eksplorasi Teknik Eco Dyeing dengan Tanaman sebagai Pewarna. In e-Proceedin of Art & Design (Vol. 3, pp. 280–293).

International Labour Organization. (2017). Pelatihan Keterampilan Pedesaan: Manual Generik Pelatihan untuk Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan ( TREE ).

Irianingsih, Nining. (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun dan Bunga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, Kun Ir, dkk. 1997. Pengembangan Zat Warna Tumbuh-Tumbuhan Untuk Batik. Laporan Pengabdian, Balai Besar Pengabdian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik. Yogyakarta.

Published
13-12-2022
How to Cite
Putra, D., Irawati, A., & Swissia, P. (2022). PKM PELATIHAN PEMBUATAN ECOPRINT UNTUK IBU-IBU PKK BERDAMPAK COVID-19 DI KOMPLEK BCL HAJIMENA LAMPUNG SELATAN. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 11-20. https://doi.org/10.30605/atjpm.v4i1.1917