Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar dI SD GKST II Poso Kota Utara

  • Ingriyani Rawung Universitas Sintuwu Maroso
Keywords: Strategi Pembelajaran aktif, Guru SD

Abstract

Proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih strategi/model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan di sisi lain permasalahan yang ada yaitu proses berlangsungnya pembelajaran di SD cenderung hanya sebatas bersifat tekstual dan monoto . Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola kelas dengan mengunakan strategi pembelajaran yang aktif. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan workshop strategi pembelajaran aktif bagi guru sekolah dasar sehingga para guru bisa menambah wawasan serta pengalaman dalam melakukan proses pembelajaran di kelas dengan aktif serta kreatif. Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan secara bertahap, mulai dengan pemberian materi ceramah dan tanya jawab. Metode pelaksanaan merupakan landasan atau acuan agar proses dalam program pengabdian kepada masyarakat ini berjalan secara sistematis, terstruktur, dan terarah.  Peserta yang hadir dalam pelaksanaan program kemitraan masyarakat 9 orang guru  dimana semua guru yang ada di sekolah tersebut ikut berpartisipasi dengan kegiatan PKM ini. Peserta yang hadir menunjukan keantusiasan dengan keaktifan selama kegiatan PKM ini berlangsung. Pada kegiatan  tahap pertama peserta workshop akan menerima materi tentang Guru SD yang kreatif menjadikan siswa aktif. Kemudian pada tahap kedua peserta akan mendapatkan materi terkait Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar, dan model model pembelajaran aktif  dan efektif.

 Kata Kunci: strategi pembelajaran aktif, Guru SD

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anita. W, Sri dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemdikbud. (2013). Kompetensi Dasar SD/MI.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Published
29-11-2019
How to Cite
Rawung, I. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar dI SD GKST II Poso Kota Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 49-55. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/127