Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Diferensiasi Pembelajaran Matematika (MAN Sebukar)

Authors

  • Elvina Asmi Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7169

Keywords:

Peran Guru, Fasilitator, Diferensiasi Pembelajaran, Matematika

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan abad ke-21 menuntut guru berperan sebagai fasilitator yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Dalam pembelajaran matematika di MAN Sebukar, guru menghadapi tantangan berupa keragaman kemampuan akademik, gaya belajar, dan minat siswa. Kondisi ini memerlukan penerapan pembelajaran yang mampu mengakomodasi perbedaan individu agar semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam menerapkan diferensiasi pembelajaran matematika di MAN Sebukar. Diferensiasi dipandang sebagai strategi efektif untuk menyesuaikan konten, proses, dan produk belajar sesuai kebutuhan peserta didik. Namun, hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan penerapan diferensiasi di MAN Sebukar masih terbatas, umumnya hanya pada variasi tingkat kesulitan tugas, belum mencakup strategi belajar dan asesmen yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tiga guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai perancang pembelajaran diferensiasi, pembimbing proses belajar, dan evaluator kemajuan siswa berdasarkan kebutuhan individual. Kendala utama meliputi keterbatasan waktu, jumlah siswa yang besar, dan kurangnya pelatihan khusus. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian tentang praktik diferensiasi di madrasah, yang masih jarang diteliti di Indonesia. Secara praktis, hasilnya diharapkan menjadi acuan bagi guru dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih inklusif dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik, serta merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan pemanfaatan media digital untuk mendukung personalisasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Santrock, J. W. (2021). Educational psychology (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Suparno, P. (2018). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Kanisius.

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.

Trianto. (2019). Desain pengembangan pembelajaran tematik. Kencana.

Lestari, F., Alim, J. A., & Noviyanti, M. (2024). Implementation of differentiated learning to enhance elementary school students’ mathematical critical and creative thinking skills. International Journal of Elementary Education, 8(1), 178–187

Marfu’ah, S., Arliani, E., & Wijaya, A. (2024). Research trends on differentiated mathematics learning in Indonesia: A systematic literature review. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Siringo Ringo, S. (2025). Systematic literature review dengan metode PRISMA: Pembelajaranberdiferensiasi pada pendidikan dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(1), 209-226

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.

Sujadi, I., Andriatna, R., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., & Nursanti, Y. B. (2024). Conceptions of Differentiated Instruction: A Case Study of Junior High School Mathematics Teachers. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 57(1), 22–34. E-Journal Undiksha

Kyeremeh, P., Adzifome, N. S., & Amoah, E. K. (2022). In-service mathematics teachers’ knowledge of differentiated instruction. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 64–76. UMS Journals

Hidayati, Fina Hanifa. (2020). Differentiated instruction in the mathematics classroom: Teachers’ teaching experience in a teacher professional development. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 3(1), 37–45. Journal of Islamic Studies

Maphumulo, T., & Biccard, P. (2024). Teachers Identified Challenges to Implement Differentiated Instruction in Mainstream Primary School Mathematics Classrooms. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1). UNNES Journal

Irhamuddin, M., Muslih, A., Hidayah, K., Rohmah, N. F., Syarifudin, M., & Hikmawati, Y. (2025). Penerapan Model Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(5), 533–540. E-Jurnal Kampus Akademik

Maryati, I., Azkiah, F., Nur Apriyanti, H., & Yani, I. (–). Assisting Mathematics Teachers in Designing Differentiated Instruction Based on Contextual Learning. Indonesian Journal of Community Empowerment. ejournals.fkwu.uniga.ac.id

Padmore, E. A., & Ali, C. A. (2024?). Exploring Effective Differentiated Instruction in The Teaching and Learning of Mathematics. ASEAN Journal for Science Education. Bumi Publikasi Nusantara

Lestari, F., Alim, J. A., & Noviyanti, M. (–). Implementation of Differentiated Learning to Enhance Elementary School Students' Mathematical Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Elementary Education. E-Journal Undiksha

Dinana, M. F., Makhfud, & Mukhlison, M. (–). The Use of Differentiated Instruction in Achieving Learning Objectives of Islamic Religious Education in the Merdeka Curriculum. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1). E-Journal Tribakti Lirboyo

Purwanti, K. L., Mustofa, M., Ayu Failani, A., & Malik, M. S. (2023). The Enhancing Student Mathematical Understanding through Differentiated Learning: A Study of Fifth Graders at Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 11(1). journal.iainkudus.ac.id+1

Susanti, R. D., Taufik, M., & In’am, A. (2025). Assessment And Differentiated Learning For Teachers In Vocational Secondary Schools. Perspektif Ilmu Pendidikan, 39(01), 70–77. Journal UNJ

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Asmi, E. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Diferensiasi Pembelajaran Matematika (MAN Sebukar). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1122–1129. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7169