Penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentary (DMR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ampek Angkek

Authors

  • Nila Dwi Putri Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7114

Keywords:

Model Diskursus Multy Reprecentary, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Ampek Angkek yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentary (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dan VII. 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak Minitab pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model DMR dan pembelajaran konvensional (t-hitung = 5,14 > t-tabel = 1,67 : p < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe DMR berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematis secara lebih jelas dan terstruktur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, dkk, 164. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi : Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.

Bambang Prasetyo. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Fadly, Wirawan. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka.

Isnaniah & M.Imamuddin. (2017). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender (Journal of Gender Studies.vol.1, no.2, Juli-Desember 2017 Eissn : 2580-7765).

Isnaniah & Mutia, M. (2024). Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. (INNOVATIVE Journal Of Social Science Research Volume 4 Nomor 1 tahun 2024 Page 10665-10667.

Khudrotun Nafisah dan Hafis Mu’Abbad. (2023). Model-Model Pembelajaran Merdeka Belajar Malang : Java Cretive.

L. Virginayoga Hignasari. (2020). Menyemai Benih Dharma Perspektif Multi disiplin. Ahmar Cendekia, Hafiziani, dkk. (2020). Kemampuan-kemampuan matematis dan pengembangan instrumennya. Upi Sumedang Press.

Medika, G.H. & Putra,I.Y dkk. (2025). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII-9 MTsN 1 Bukittinggi. (Jurnal Polinomial,Volume 4, Issue 3 (2025), pp 708-713.

Risnawita & Hikah. Y(2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 10 Agam. (INNOVATIVE Journal Of Social Science Research, volume 4 Nomor 5 Tahun 2024 page 9343-9353).

Rusdi & Saputra,Andi. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemamapuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tigo Nagari.(Journal of Educational Integration and Development. Vol,2.No,2.E-ISSN:2798-4176).

Shofiyah & Benny Hendriana. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Secara Synchronous. (Journal of Educational and Language Research. Vol.1, No.5, Desember).

Supriyadi. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.

Wahyuni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentary (DMR) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Dwi Putri, N., Isnaniah, I., Arifmiboy, A., & Rusdi, R. (2025). Penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentary (DMR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ampek Angkek . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1095–1104. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7114