Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Geometri
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7093Keywords:
Meta-Analisis, Alat Peraga, Pemahaman Konsep, GeometriAbstract
Geometri merupakan elemen krusial dalam program matematika di beragam tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai menengah. Berbagai studi mengindikasikan bahwa banyak murid masih menghadapi tantangan dalam membangun pemahaman serta mengaitkan konsep-konsep geometris. Salah satu pendekatan yang sering diteliti untuk mengurangi masalah ini adalah penerapan alat peraga sebagai media nyata dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis meta-analitik mengenai dampak pemakaian alat peraga terhadap pemahaman konsep geometri di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis kuantitatif, dengan meninjau 20 artikel diterbitkan antara tahun 2015–2024 yang memenuhi kriteria inklusi: (1) menggunakan desain eksperimen atau quasi-eksperimen, (2) memuat data statistik yang relevan, dan (3) fokus pada variabel pemahaman konsep geometri. Data dianalisis menggunakan ukuran efek Cohen’s d dan random effect model untuk mengakomodasi heterogenitas antar-studi. Hasil analisis mengungkapkan mengenai penerapan alat peraga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep geometri dengan nilai rata-rata ukuran efek (effect size) sebesar 0,82, yang tergolong dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa alat peraga efektif dalam membantu siswa mentransformasikan konsep abstrak menjadi representasi konkret, sehingga memperkuat proses berpikir visual-spasial dan konstruksi makna geometri. Penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat bahwa alat peraga bukan sekadar media bantu, tetapi merupakan bagian integral dari pembelajaran geometri yang bermakna dan berorientasi pada pemahaman konsep. Melalui penggunaan alat peraga yang terencana, berkelanjutan, dan kreatif, proses pembelajaran matematika dapat bertransformasi dari aktivitas abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret, menarik, dan membangun kemampuan berpikir spasial secara mendalam.
Downloads
References
Anggraeni, A., Putri, D. P., & Irsal, I. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Papan Kartu Angka Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bilangan Cacah Kelas IV (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas penggunaan alat peraga geoboard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada pokok bahasan bangun datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 79-89. DOI: https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177
Ardiansyah, A., Mahrun, M., & Purnamansyah, P. (2023). Pengembangan alat peraga fisika dasar berbasis konstruktivisme untuk membangun keterampilan generik sains pada peserta didik sma. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 25-32. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.265
Astriani, L., & Andini, N. M. (2025). THE IMPACT OF VIRTUAL GEOBOARD-BASED LEARNING MEDIA ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’SPATIAL THINKING. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 31-46. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol10no1.2025pp31-46
Azhar, A. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran online dalamsebaran covid 19. Seminar Nasional Online Pengabdian Masyarakat. Jakarta, LP3I Politeknik.
Blackburn, G. (2015). Effectiveness of eLearning in statistics: Pictures and stories. E-Learning and Digital Media, 12(5–6), 459–480. DOI: https://doi.org/10.1177/2042753016653704
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P., & Rothstein, H. R. (2010). A basic introduction to fixed‐effect and random‐effects models for meta‐analysis. Research synthesis methods, 1(2), 97-111. DOI: https://doi.org/10.1002/jrsm.12
Chan, S. W. dan Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics.5th World Conference on Educational Sciences - WCES 2013. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. 4338 – 4344. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943
Chan, S. W., Ismail, Z., dan Sumintono, B. (2016). Assessing Statistical Reasoning In Descriptive Statistics: A Qualitative Meta-Analysis. JurnalTeknologi (Sciences & Engineering),v.78,n.6–5,p.29–35. DOI: https://doi.org/10.11113/jt.v78.8995
Clark, R.C., & Mayer, R. E. (2003). E-Learning and the Science of Instruction. Market Street, San Fransisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.
Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodipada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review. Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi, 4(2), 155-178. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Hasibuan, L. R., Siregar, S. U., Juliyanti, E., & Nasution, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Tapps Menggunakan Alat Peraga Terpisah dan Tipe Tps terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga di Sman 2 Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1). DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1672
Musa, L. (2018). Alat peraga matematika. Penerbit Aksara Timur.
Nasution, E. Y. P., & Yulia, P. (2024). Praktikalitas Bahan Ajar Geometri Berbasis Modifikasi Model Project Based Learning (PjBL)“Kapal Nabi Nuh” untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 6(1), 101-118.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24
Patria, M. B., & Fadliansyah, F. (2025). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret Kelas II SDN 157 Bengkulu Utara. Pena Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 24-31.
Peltier, J. W., Dahl, A. J., & Swan, E. L. (2020). Digital information flows across a B2C/C2C continuum and technological innovations in service ecosystems: A service-dominant logic perspective. Journal of Business Research, 121, 724-734. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.03.020
Pratiwi, Y. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Petak Satuan Persegi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno (Doctoral dissertation, IAIN Metro). DOI: https://doi.org/10.61291/jpi.v1i1.3
Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 9(2), 165-172.
Siller, H. S., & Ahmad, S. (2024). Analyzing the impact of collaborative learning approach on grade six students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(2), em2395. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/14153
Setiana, H. (2024). Pengaruh Alat Peraga terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Kelas V di SD IT Cahaya Permata Purbolinggo (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Sofiyanti, F., & Andreastya, V. H. (2024). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA NAPIER BOARD BERBANTU ALUR MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AL-KARAMAH. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Suniarsih, D., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan kotak sortasi pada anak usia 5-6 tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 394-403.Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and islamic values: Validity of teaching materials based on modified project-based learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113-124.
Suri, A., Risnanosanti, R., & Ristontowi, R. (2024). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang di SD Negeri 10 Kepahiang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 666-671.
Unaenah, E., Putri, R. S., & Safitri, S. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(4), 1-12.
Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Efektifitas bahan ajar geometri berbasis modifikasi model project based learning terhadap Kemampuan berpikir kreatif matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 111-122. DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6686
Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and islamic values: Validity of teaching materials based on modified project-based learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113-124. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1980
Zaelani, A., & Mahmudah, I. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Yulia, Freti Fidria Lova

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.












