Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Geometri

Authors

  • Putri Yulia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padan
  • Freti Fidria Lova Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7093

Keywords:

Meta-Analisis, Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Geometri

Abstract

Geometri merupakan elemen krusial dalam program matematika di beragam tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai menengah. Berbagai studi mengindikasikan bahwa banyak murid masih menghadapi tantangan dalam membangun pemahaman serta mengaitkan konsep-konsep geometris. Salah satu pendekatan yang sering diteliti untuk mengurangi masalah ini adalah penerapan alat peraga sebagai media nyata dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis meta-analitik mengenai dampak pemakaian alat peraga terhadap pemahaman konsep geometri di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis kuantitatif, dengan meninjau 20 artikel diterbitkan antara tahun 2015–2024 yang memenuhi kriteria inklusi: (1) menggunakan desain eksperimen atau quasi-eksperimen, (2) memuat data statistik yang relevan, dan (3) fokus pada variabel pemahaman konsep geometri. Data dianalisis menggunakan ukuran efek Cohen’s d dan random effect model untuk mengakomodasi heterogenitas antar-studi. Hasil analisis mengungkapkan mengenai penerapan alat peraga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep geometri dengan nilai rata-rata ukuran efek (effect size) sebesar 0,82, yang tergolong dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa alat peraga efektif dalam membantu siswa mentransformasikan konsep abstrak menjadi representasi konkret, sehingga memperkuat proses berpikir visual-spasial dan konstruksi makna geometri. Penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat bahwa alat peraga bukan sekadar media bantu, tetapi merupakan bagian integral dari pembelajaran geometri yang bermakna dan berorientasi pada pemahaman konsep. Melalui penggunaan alat peraga yang terencana, berkelanjutan, dan kreatif, proses pembelajaran matematika dapat bertransformasi dari aktivitas abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret, menarik, dan membangun kemampuan berpikir spasial secara mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A., Putri, D. P., & Irsal, I. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Papan Kartu Angka Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bilangan Cacah Kelas IV (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas penggunaan alat peraga geoboard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD pada pokok bahasan bangun datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 79-89. DOI: https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177

Ardiansyah, A., Mahrun, M., & Purnamansyah, P. (2023). Pengembangan alat peraga fisika dasar berbasis konstruktivisme untuk membangun keterampilan generik sains pada peserta didik sma. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 25-32. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v3i1.265

Astriani, L., & Andini, N. M. (2025). THE IMPACT OF VIRTUAL GEOBOARD-BASED LEARNING MEDIA ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’SPATIAL THINKING. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 31-46. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol10no1.2025pp31-46

Azhar, A. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran online dalamsebaran covid 19. Seminar Nasional Online Pengabdian Masyarakat. Jakarta, LP3I Politeknik.

Blackburn, G. (2015). Effectiveness of eLearning in statistics: Pictures and stories. E-Learning and Digital Media, 12(5–6), 459–480. DOI: https://doi.org/10.1177/2042753016653704

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P., & Rothstein, H. R. (2010). A basic introduction to fixed‐effect and random‐effects models for meta‐analysis. Research synthesis methods, 1(2), 97-111. DOI: https://doi.org/10.1002/jrsm.12

Chan, S. W. dan Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics.5th World Conference on Educational Sciences - WCES 2013. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. 4338 – 4344. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943

Chan, S. W., Ismail, Z., dan Sumintono, B. (2016). Assessing Statistical Reasoning In Descriptive Statistics: A Qualitative Meta-Analysis. JurnalTeknologi (Sciences & Engineering),v.78,n.6–5,p.29–35. DOI: https://doi.org/10.11113/jt.v78.8995

Clark, R.C., & Mayer, R. E. (2003). E-Learning and the Science of Instruction. Market Street, San Fransisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodipada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review. Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi, 4(2), 155-178. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047

Hasibuan, L. R., Siregar, S. U., Juliyanti, E., & Nasution, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Tapps Menggunakan Alat Peraga Terpisah dan Tipe Tps terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga di Sman 2 Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1). DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1672

Musa, L. (2018). Alat peraga matematika. Penerbit Aksara Timur.

Nasution, E. Y. P., & Yulia, P. (2024). Praktikalitas Bahan Ajar Geometri Berbasis Modifikasi Model Project Based Learning (PjBL)“Kapal Nabi Nuh” untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 6(1), 101-118.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Patria, M. B., & Fadliansyah, F. (2025). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret Kelas II SDN 157 Bengkulu Utara. Pena Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 24-31.

Peltier, J. W., Dahl, A. J., & Swan, E. L. (2020). Digital information flows across a B2C/C2C continuum and technological innovations in service ecosystems: A service-dominant logic perspective. Journal of Business Research, 121, 724-734. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.03.020

Pratiwi, Y. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Petak Satuan Persegi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno (Doctoral dissertation, IAIN Metro). DOI: https://doi.org/10.61291/jpi.v1i1.3

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 9(2), 165-172.

Siller, H. S., & Ahmad, S. (2024). Analyzing the impact of collaborative learning approach on grade six students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(2), em2395. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/14153

Setiana, H. (2024). Pengaruh Alat Peraga terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Kelas V di SD IT Cahaya Permata Purbolinggo (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Sofiyanti, F., & Andreastya, V. H. (2024). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA NAPIER BOARD BERBANTU ALUR MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AL-KARAMAH. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).

Suniarsih, D., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan kotak sortasi pada anak usia 5-6 tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 394-403.Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and islamic values: Validity of teaching materials based on modified project-based learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113-124.

Suri, A., Risnanosanti, R., & Ristontowi, R. (2024). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang di SD Negeri 10 Kepahiang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 666-671.

Unaenah, E., Putri, R. S., & Safitri, S. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(4), 1-12.

Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Efektifitas bahan ajar geometri berbasis modifikasi model project based learning terhadap Kemampuan berpikir kreatif matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 111-122. DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6686

Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and islamic values: Validity of teaching materials based on modified project-based learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113-124. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1980

Zaelani, A., & Mahmudah, I. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63-72.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Yulia, P., & Lova, F. F. (2025). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Geometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1077–1085. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7093