Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Putri Ayu Aqilah Universitas Negeri Makassar
  • Hisyam Ihsan Universitas Negeri Makassar
  • Syahrullah Asyari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7092

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Urgensi penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa Indonesia yang ditunjukkan oleh studi internasional seperti PISA dan TIMSS, serta masih dominannya pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep matematika secara mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 2 Bulukumba. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling menggunakan aplikasi spinner untuk mengundi kelas dari sembilan kelas yang ada, dan hasil undian menetapkan Kelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata posttest sebesar 84,81 (kategori tinggi) dan gain ternormalisasi sebesar 0,7 (kategori tinggi). Sementara itu, ketuntasan klasikal mencapai 96,29%, melebihi target kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%. Uji hipotesis menggunakan one sample t-test dan proportion test mengonfirmasi bahwa hasil belajar mengalami peningkatan signifikan (Sig. < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe round robin dengan pendekatan matematika realistik terbukti berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model ini sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika yang kontekstual, dan penelitian lanjutan dapat mengembangkan media atau modul berbasis model tersebut untuk materi lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A. (2014). Introduction to research in education (9th ed.). Wadsworth Cengage Learning.

Barz, N., Benick, M., Dörrenbächer-Ulrich, L., & Perels, F. (2023). The effect of digital game-based learning interventions on cognitive, metacognitive, and affective-motivational learning outcomes in school: A meta-analysis. Review of Educational Research. Advance online publication. https://doi.org/10.3102/00346543231167795 DOI: https://doi.org/10.3102/00346543231167795

Gravemeijer, K. (1994). Developing relistic mathematics eduaction. CD-β Press.

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik. PT.RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809 DOI: https://doi.org/10.1119/1.18809

Hidayati, P., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855 DOI: https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855

Inci, A. M., Peker, B., & Kucukgencay, N. (2023). Realistic Mathematics Education. In Current Studies in Educational Disciplines 2023 (pp. 66–83). ISRES Publishing.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Cooperative learning. Kagan Publishing. http://www.kaganonline.com/

Linggih, I. K., Duma, S. Y., & Lambu’, R. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round robin terhadap hasil belajar matematika. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UKI TORAJA, 160–165.

Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi bilangan pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 international results in mathematics and science. TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College. https://timss2019.org/download

Nasrullah, A., Marlina, M., & Tabrani, M. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran College Student Worksheet Berbasis E-Learning Melalui Edmodo. Seminar Nasional Riset Terapan 2017 (SENASSET 2017), 242–246.

OECD. (2023). PISA 2022 results (volume I): The state of learning and equity in education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en DOI: https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rahman, A. (2018). Efektifitas media roda bangun datar dengan model kooperatif tipe. Issues in Mathematics Education, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.35580/imed9479

Slavin, R. E. (2006). Educational psychology: Theory and practice (8. ed). Pearson Education.

Tarigan, R. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Sepren, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508 DOI: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers (Doctoral dissertation, University of Twente). PrintPartners Ipskamp.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Ayu Aqilah, P., Ihsan, H., & Asyari, S. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1065–1076. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i4.7092