Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i3.6944Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), Hasil Belajar matematika siswa, SMP Negeri 6 PaluAbstract
Terdapat indikasi hasil belajar siswa rendah sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas serta makna dari proses pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 6 Palu dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) dengan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan mencakup hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes dan data observasi mengenai aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 60% dengan kategori kurang. Namun, pada siklus II, indikator keberhasilan tercapai dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 86,7% dengan kategori baik. Oleh karena itu, pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal yang minimal. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) yang dipadukan dengan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203
Astuti, E.T. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Terapan.
Atiyah, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 30-45.
Hidayatni, D., & Fathani, A. (2023). Integrasi Teaching at the Right Level (TaRL) dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 8(2), 45-59
Hidayat, A., & Widodo, S. (2023). *Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika*. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 55–67.
Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review.
Kurniawan, A., & Lestari, D. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterlibatan aktif dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 233–242
Putra, M. R. A. (2025). Implementation of Teaching at the Right Level with Problem Based Learning Model to Increase Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Terapan.
Rizqiyah, A. A., Nugroho, A., & Salimah, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 55-70.
Sari, et al. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Kreatif terhadap Motivasi dan Keterlibatan Belajar Siswa.
Sihombing, K., & Ambarawati, N. F. (2025). Integrasi Model Problem Based Learning dan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 4(1), 84–99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Anshar, Nyoman Murdiana, Mulianti Mulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.