Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Anshar Program Studi Pendidikan Profesi Guru,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako
  • Nyoman Murdiana Program Studi Pendidikan Profesi Guru,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako
  • Mulianti Mulianti SMP Negeri 6 Palu

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i3.6944

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), Hasil Belajar matematika siswa, SMP Negeri 6 Palu

Abstract

Terdapat indikasi hasil belajar siswa rendah sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas serta makna dari proses pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 6 Palu dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) dengan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan mencakup hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes dan data observasi mengenai aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 60% dengan kategori kurang. Namun, pada siklus II, indikator keberhasilan tercapai dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 86,7% dengan kategori baik. Oleh karena itu, pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal yang minimal. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) yang dipadukan dengan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203

Astuti, E.T. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Terapan.

Atiyah, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 30-45.

Hidayatni, D., & Fathani, A. (2023). Integrasi Teaching at the Right Level (TaRL) dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 8(2), 45-59

Hidayat, A., & Widodo, S. (2023). *Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika*. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 55–67.

Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review.

Kurniawan, A., & Lestari, D. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterlibatan aktif dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 233–242

Putra, M. R. A. (2025). Implementation of Teaching at the Right Level with Problem Based Learning Model to Increase Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Terapan.

Rizqiyah, A. A., Nugroho, A., & Salimah, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 55-70.

Sari, et al. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Kreatif terhadap Motivasi dan Keterlibatan Belajar Siswa.

Sihombing, K., & Ambarawati, N. F. (2025). Integrasi Model Problem Based Learning dan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 4(1), 84–99.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Anshar, M., Murdiana, N., & Mulianti, M. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(3), 974–980. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i3.6944