Pembelajaran Konsep Perbandingan Berbasis STEAM melalui Eksperimen Waktu Tempuh Menggunakan Mobil-Mobilan

Authors

  • Mar Athul Wazithah T. Universitas Negeri Makassar
  • Dwi Ariesta Universitas Negeri Makassar
  • Faiza Dwi Nayla K Universitas Negeri Makassar
  • Nurmadina Nurmadina Universitas Negeri Makassar
  • Risma Risma Universitas Negeri Makassar
  • Nurwati Djam’an Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6642

Keywords:

STEAM, Critical Thinking, Speed, Comparison, Experiment-based Learning, Mathematics Education, Science Education

Abstract

Pembelajaran berbasis STEAM mengintegrasikan lima bidang sains untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui eksperimen pengukuran waktu tempuh menggunakan mobil-mobilan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Kartika XX-1 Makassar. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen ini membantu siswa memahami konsep kelajuan dan perbandingan, serta mendorong mereka untuk berpikir kritis melalui observasi dan analisis data. Meskipun beberapa kelompok mengalami kendala dalam pencatatan data dan interpretasi hasil eksperimen, kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan peneliti lain dalam mengembangkan pembelajaran berbasis eksperimen yang dapat meningkatkan mutu pendidikan secara lebih interaktif dan aplikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis pentingnya keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran bagi siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664-669. https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970

Buinicontro, J. K. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, Curricular, And Programmatic Developments In Arts-Based Science, Technology, Engeneering, And Mathematics Education Introduction To Special Issue Of Art Education Policy Review. STEAM Focus. Art Education Policy Review Journal. 119.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.

Hobbs, P. V. (2000). Basic physical chemistry for the atmospheric sciences. Cambridge University Press.

Johar, Erni., Sulistyono. Hindriana, Anna Fitri. (2019). Implementasi Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Edubiologica. 6(2). 90-93.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.

Shadiq, F. (2019). Pembelajaran Matematika pada Era Industri 4.0. Suatu Tantangan Bagi Guru dan Pendidik Matematika. Prosiding Pada Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika UMT.

Van Laar, E., van Deursen, A. J., van Dijk, J. A., & De Haan, J. (2019). Determinants of 21st-century digital skills: A large-scale survey among working professionals. Computers in human behavior, 100, 93-104.

Wijaya, A. (2015). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zubaidah, S. (2019, October). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 2, pp. 1-19).

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Wazithah T., M. A., Ariesta, D., Nayla K, F. D., Nurmadina, N., Risma, R., & Djam’an, N. (2025). Pembelajaran Konsep Perbandingan Berbasis STEAM melalui Eksperimen Waktu Tempuh Menggunakan Mobil-Mobilan . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 904–912. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6642