Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety

Authors

  • Laily Choirotin Nisa Universitas Muhammadiyah Semaang
  • Dwi Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eko Andy Purnomo Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6527

Keywords:

Kecemasan Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, Aljabar

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam hubungan antara tingkat kecemasan matematis serta skill berpikir kritis siswa dalam memahami aljabar. Studi ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Semarang. Subjek penelitian dipilih secara purposive, terdiri atas siswa-siswi kelas VII, variasi kategori kecemasan (tinggi, sedang, dan rendah). Pengumpulan data dilakukan secara triangulatif melalui angket kecemasan matematis, tes uraian berpikir kritis, wawancara, dan dokumentasi hasil pekerjaan siswa. Data dianalisis secara interaktif melalui penyaringan, pemaparan, dan penarikan simpulan yang diuji keabsahannya dengan triangulasi data. Penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan kecemasan matematika yang lebih rendah cenderung meraih skor berpikir kritis yang lebih tinggi. Hal ini tampak jelas pada indikator interpretation, analysis, dan evaluation, meskipun pada aspek inference masih tergolong rendah di semua kategori. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecemasan terhadap matematika dapat menghambat proses berpikir mendalam dan logis siswa. Oleh sebab itu, krusial bagi pengajar guna mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung secara emosional agar siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan persoalan matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.

Agustin, D. ., Shodiq, L. ., & Shoimah, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 10(2), 769–782. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/2450

Amariza, A. H., Safitri, N. S., Mulyaningsih, W. J., & Susilo, B. E. (2024). Systematic Literature Review: Mengurangi Tingkat Kecemasan Peserta Didik Menyelesaikan Persoalan Matematika dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 852–872. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Azzahra, Y., Sampoerno, P. D., & Hidajat, F. A. (2025). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jrpms.091.07

Elisya, N., Jupri, A., Izzah, A., Marjud, F., Laia, H. O., Candraningsih, Y., & Sungkono, S. (2025). Pendekatan Terpadu Dalam Persiapan UTBK: Manajemen Kecemasan Dan Penguatan Kompetensi Melalui Latihan Soal UTBK. Pakem, 5(c), 62–71. https://doi.org/10.30598/pakem.5.2.62-71

Gultom, G. A., Simatupang, D. A., Agustien, S. G., Rumapea, M. S., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Resistensi Mahasiswa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. As-Salam, 44–54. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/86

Hakiki, A. F., Livana, A., Selvianti, I., Febrianti, S. M., & Hernaeny, U. (2025). Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/ppm/article/view/1187

Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Mengkonstruksi Pengetahuan Matematika Siswa SMP. Jipmat, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1873

Kelwarani, S., Anaktototy, J., & Latar, I. M. (2023). Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Pada MAN 3 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.30598/manggurebevol4no1page20-31

Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 2, 417–431. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159

Marbun, V. M., Indah, D., Pandiangan, M., Florense, A., Siboro, P., Situmorang, S. T., Zepania, H., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Problematika Belajar Aljabar : Penyebab , Dampak , dan Solusi Pendahuluan. As-Salam, 86–98. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/91

Nazar, A. M., Sulisawati, D. N., & Hidayatin, N. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Setelah Penerapan Video Edukasi Dalam Proses Pembelajaran. Prismatika, 7(2), 321–338. https://doi.org/10.33503/prismatika.v7i2.1095

Pramugita, C., & Nugraheni, N. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2793

Putri, E., Arjudin, A., Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1488

Riskon, M., Rochmad, & Dewi, N. . (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana2019, 353–356. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/304/398/1295

Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Al-Ikhlas, Sari, I. W., & Pesak, S. . (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232. http://irje.org/irje/article/view/1516

Simar, ata, P. S. ., Hasibuan, R. ., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model PBL Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 51–58. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/160

Sinaga, D. ., Hutagalung, N. A. ., Purba, A. C. ., Simatupang, N. ., Harianja, Z. ., Sinaga, M. ., & Gultom, E. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pendekatan Konkret Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 953–959. https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/1265

Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. ., & Munahefi, D. . (2024). Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 449–459. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2987

Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218

Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.

Agustin, D. ., Shodiq, L. ., & Shoimah, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 10(2), 769–782. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/2450

Amariza, A. H., Safitri, N. S., Mulyaningsih, W. J., & Susilo, B. E. (2024). Systematic Literature Review: Mengurangi Tingkat Kecemasan Peserta Didik Menyelesaikan Persoalan Matematika dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 852–872. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Azzahra, Y., Sampoerno, P. D., & Hidajat, F. A. (2025). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jrpms.091.07

Elisya, N., Jupri, A., Izzah, A., Marjud, F., Laia, H. O., Candraningsih, Y., & Sungkono, S. (2025). Pendekatan Terpadu Dalam Persiapan UTBK: Manajemen Kecemasan Dan Penguatan Kompetensi Melalui Latihan Soal UTBK. Pakem, 5(c), 62–71. https://doi.org/10.30598/pakem.5.2.62-71

Gultom, G. A., Simatupang, D. A., Agustien, S. G., Rumapea, M. S., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Resistensi Mahasiswa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. As-Salam, 44–54. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/86

Hakiki, A. F., Livana, A., Selvianti, I., Febrianti, S. M., & Hernaeny, U. (2025). Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/ppm/article/view/1187

Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Mengkonstruksi Pengetahuan Matematika Siswa SMP. Jipmat, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1873

Kelwarani, S., Anaktototy, J., & Latar, I. M. (2023). Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Pada Man 3 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.30598/manggurebevol4no1page20-31

Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. Prosiding Santika 2: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2, 417–431. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159

Marbun, V. M., Indah, D., Pandiangan, M., Florense, A., Siboro, P., Situmorang, S. T., Zepania, H., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Problematika Belajar Aljabar : Penyebab , Dampak , dan Solusi Pendahuluan. As-Salam, 86–98. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/91

Nazar, A. M., Sulisawati, D. N., & Hidayatin, N. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Setelah Penerapan Video Edukasi Dalam Proses Pembelajaran. Prismatika, 7(2), 321–338. https://doi.org/10.33503/prismatika.v7i2.1095

Pramugita, C., & Nugraheni, N. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2793

Putri, E., Arjudin, A., Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1488

Riskon, M., Rochmad, & Dewi, N. . (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana2019, 353–356. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/304/398/1295

Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Al-Ikhlas, Sari, I. W., & Pesak, S. . (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232. http://irje.org/irje/article/view/1516

Simar, ata, P. S. ., Hasibuan, R. ., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model PBL Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 51–58. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/160

Sinaga, D. ., Hutagalung, N. A. ., Purba, A. C. ., Simatupang, N. ., Harianja, Z. ., Sinaga, M. ., & Gultom, E. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pendekatan Konkret Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 953–959. https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/1265

Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. ., & Munahefi, D. . (2024). Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 449–459. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2987

Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Nisa, L. C., Dwi Sulistyaningsih, & Eko Andy Purnomo. (2025). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 827–839. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6527