Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6527Keywords:
Kecemasan Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, AljabarAbstract
Penelitian ini mengkaji secara mendalam hubungan antara tingkat kecemasan matematis serta skill berpikir kritis siswa dalam memahami aljabar. Studi ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Semarang. Subjek penelitian dipilih secara purposive, terdiri atas siswa-siswi kelas VII, variasi kategori kecemasan (tinggi, sedang, dan rendah). Pengumpulan data dilakukan secara triangulatif melalui angket kecemasan matematis, tes uraian berpikir kritis, wawancara, dan dokumentasi hasil pekerjaan siswa. Data dianalisis secara interaktif melalui penyaringan, pemaparan, dan penarikan simpulan yang diuji keabsahannya dengan triangulasi data. Penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan kecemasan matematika yang lebih rendah cenderung meraih skor berpikir kritis yang lebih tinggi. Hal ini tampak jelas pada indikator interpretation, analysis, dan evaluation, meskipun pada aspek inference masih tergolong rendah di semua kategori. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecemasan terhadap matematika dapat menghambat proses berpikir mendalam dan logis siswa. Oleh sebab itu, krusial bagi pengajar guna mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung secara emosional agar siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan persoalan matematis.Downloads
References
Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.
Agustin, D. ., Shodiq, L. ., & Shoimah, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 10(2), 769–782. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/2450
Amariza, A. H., Safitri, N. S., Mulyaningsih, W. J., & Susilo, B. E. (2024). Systematic Literature Review: Mengurangi Tingkat Kecemasan Peserta Didik Menyelesaikan Persoalan Matematika dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 852–872. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Azzahra, Y., Sampoerno, P. D., & Hidajat, F. A. (2025). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jrpms.091.07
Elisya, N., Jupri, A., Izzah, A., Marjud, F., Laia, H. O., Candraningsih, Y., & Sungkono, S. (2025). Pendekatan Terpadu Dalam Persiapan UTBK: Manajemen Kecemasan Dan Penguatan Kompetensi Melalui Latihan Soal UTBK. Pakem, 5(c), 62–71. https://doi.org/10.30598/pakem.5.2.62-71
Gultom, G. A., Simatupang, D. A., Agustien, S. G., Rumapea, M. S., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Resistensi Mahasiswa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. As-Salam, 44–54. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/86
Hakiki, A. F., Livana, A., Selvianti, I., Febrianti, S. M., & Hernaeny, U. (2025). Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/ppm/article/view/1187
Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Mengkonstruksi Pengetahuan Matematika Siswa SMP. Jipmat, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1873
Kelwarani, S., Anaktototy, J., & Latar, I. M. (2023). Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Pada MAN 3 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.30598/manggurebevol4no1page20-31
Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 2, 417–431. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159
Marbun, V. M., Indah, D., Pandiangan, M., Florense, A., Siboro, P., Situmorang, S. T., Zepania, H., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Problematika Belajar Aljabar : Penyebab , Dampak , dan Solusi Pendahuluan. As-Salam, 86–98. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/91
Nazar, A. M., Sulisawati, D. N., & Hidayatin, N. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Setelah Penerapan Video Edukasi Dalam Proses Pembelajaran. Prismatika, 7(2), 321–338. https://doi.org/10.33503/prismatika.v7i2.1095
Pramugita, C., & Nugraheni, N. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2793
Putri, E., Arjudin, A., Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1488
Riskon, M., Rochmad, & Dewi, N. . (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana2019, 353–356. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/304/398/1295
Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Al-Ikhlas, Sari, I. W., & Pesak, S. . (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232. http://irje.org/irje/article/view/1516
Simar, ata, P. S. ., Hasibuan, R. ., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model PBL Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 51–58. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/160
Sinaga, D. ., Hutagalung, N. A. ., Purba, A. C. ., Simatupang, N. ., Harianja, Z. ., Sinaga, M. ., & Gultom, E. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pendekatan Konkret Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 953–959. https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/1265
Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. ., & Munahefi, D. . (2024). Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 449–459. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2987
Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218
Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.
Agustin, D. ., Shodiq, L. ., & Shoimah, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 10(2), 769–782. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/2450
Amariza, A. H., Safitri, N. S., Mulyaningsih, W. J., & Susilo, B. E. (2024). Systematic Literature Review: Mengurangi Tingkat Kecemasan Peserta Didik Menyelesaikan Persoalan Matematika dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 852–872. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Azzahra, Y., Sampoerno, P. D., & Hidajat, F. A. (2025). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jrpms.091.07
Elisya, N., Jupri, A., Izzah, A., Marjud, F., Laia, H. O., Candraningsih, Y., & Sungkono, S. (2025). Pendekatan Terpadu Dalam Persiapan UTBK: Manajemen Kecemasan Dan Penguatan Kompetensi Melalui Latihan Soal UTBK. Pakem, 5(c), 62–71. https://doi.org/10.30598/pakem.5.2.62-71
Gultom, G. A., Simatupang, D. A., Agustien, S. G., Rumapea, M. S., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Resistensi Mahasiswa Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. As-Salam, 44–54. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/86
Hakiki, A. F., Livana, A., Selvianti, I., Febrianti, S. M., & Hernaeny, U. (2025). Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/ppm/article/view/1187
Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Mengkonstruksi Pengetahuan Matematika Siswa SMP. Jipmat, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1873
Kelwarani, S., Anaktototy, J., & Latar, I. M. (2023). Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Pada Man 3 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.30598/manggurebevol4no1page20-31
Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. Prosiding Santika 2: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2, 417–431. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159
Marbun, V. M., Indah, D., Pandiangan, M., Florense, A., Siboro, P., Situmorang, S. T., Zepania, H., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Problematika Belajar Aljabar : Penyebab , Dampak , dan Solusi Pendahuluan. As-Salam, 86–98. https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalam/article/view/91
Nazar, A. M., Sulisawati, D. N., & Hidayatin, N. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Setelah Penerapan Video Edukasi Dalam Proses Pembelajaran. Prismatika, 7(2), 321–338. https://doi.org/10.33503/prismatika.v7i2.1095
Pramugita, C., & Nugraheni, N. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(September), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2793
Putri, E., Arjudin, A., Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1488
Riskon, M., Rochmad, & Dewi, N. . (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana2019, 353–356. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/304/398/1295
Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Al-Ikhlas, Sari, I. W., & Pesak, S. . (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232. http://irje.org/irje/article/view/1516
Simar, ata, P. S. ., Hasibuan, R. ., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model PBL Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 51–58. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/160
Sinaga, D. ., Hutagalung, N. A. ., Purba, A. C. ., Simatupang, N. ., Harianja, Z. ., Sinaga, M. ., & Gultom, E. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pendekatan Konkret Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 953–959. https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/1265
Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. ., & Munahefi, D. . (2024). Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 449–459. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2987
Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laily Choirotin Nisa, Dwi Sulistyaningsih, Eko Andy Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.