Profil Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Kolaboratif di SMA

Authors

  • Hanifa Nur Fidhia Andriana Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Abdul Fatah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maman Fathurrohman3 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6237

Keywords:

Creative Thinking, Collsborative, Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran kolaboratif di kalangan siswa sekolah menengah. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan pengumpulan data seperti observasi, kuesioner, penilaian, dan wawancara. Partisipan penelitian terdiri dari 36 siswa dari kelas XI 4 SMA Negeri 6 Pandeglang, yang terbagi dalam 5 kelompok kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dikategorikan sedang hingga tinggi, dengan kefasihan dan fleksibilitas yang lebih menonjol dibandingkan orisinalitas dan elaborasi. Elemen kolaboratif dalam pendidikan memfasilitasi pengembangan ide di antara siswa melalui diskusi kelompok dan pertukaran strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif secara positif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, terutama dalam hal fleksibilitas dan kelancaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaka, K., Margunayasa, I. G., & Gunartha, I. W. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.

Afsari, S., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review: The Effectiveness Of Realistic Mathematics Education Approach In Mathematics Learning. 1(3), 189–197.

Erica, D., Haryanto, Rahmawati, M., & Ananta Vidada, I. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, XII(2).

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Kenmandola, D. (2022). KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA Pendidikan Fisika.

Mulyadi, E., Yusuf, Y., & Yuliawati, L. (2024). Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2).

Muthaharah, Y. A., Wandani, K., Prihatnani, E., Keguruan, F., Pendidikan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JMP Online, 2(1), 63–75.

Nurlaela, L., Ismayati, E., Sumani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2019). strategi belajar berpikir kreatif. In 2019.

Pakaya, I. I., & Ibrahim, D. (2019). Pembelajaran Kolaboratif pada Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA.

Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4. http://repo.iain-

Ranisa Rahma, A., Trisnawati, P., Maria, S., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD.

Saputra, H., Pd, M., Matematika, D., Iai, P., Salim, A., Lampung, M., Matematika, G., Muhammadiyah, S., & Dahlan, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Subagyo, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif Cv. Aksara Global Akademia 2023.

Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Putri, H. N. F. A., Fatah, A., & Fathurrohman3, M. (2025). Profil Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Kolaboratif di SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 810–817. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6237