PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Marissa Ulfa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Kiki Fauziah Universitas Cokroaminoto Palopo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan efektif terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26  siswa kelas III SDN 96  Campurejo yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kantong bilangan untuk meningkatan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes essay, observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif melalui persentase hasil kinerja guru dan secara kuantitatif melalui nilai ketuntasan belajar siswa individual, nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase hasil belajar klasikal siswa. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas III dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 23,0% mengalami peningkatan 30,8% pada siklus I menjadi 53,8% pada siklus II meningkat 34,6% menjadi 88,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agung. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bali: Universitas Ganesha
Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Esminarto. 2016. Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kediri: Unublitar.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martianty. 2011. Meningkatan keterampilan siswa pada pengurangan bilangan cacah dengan teknik meminjam melalui media kantong bilangan di kelas ii sdn pauwo kecamatan kabila kabupaten bone bolango.
Nina. 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN pada Materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dengan Model Pemblajaran Student Teams-Achievement Division di Kelas X-II SMA PGRI 4 Banjarmasin.
Nurachmad. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn Marmoyo Jombang.
Purwanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Qomariyah. 2019. Penerapan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Probolinggo: Universitas Panca Marga.
Runtukahu. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Nerkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Zakaria. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics.
Published
28-02-2021
How to Cite
Hardianto, H., Ulfa, M., & Fauziah, K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 87-98. https://doi.org/10.30605/2615-7667.508