DESKRIPSI GAYA BERPIKIR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

  • Aswar Anas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nilam Permatasari Munir IAIN Palopo
  • Kiki Kiki Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Gaya Berpikir, Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran gaya berpikir siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek ditentukan sebanyak dua orang siswa yang masing-masing memiliki dominan gaya berpikir konkret dan gaya berpikir abstrak yang kuat. Analisis dilakukan secara mendalam pada subjek dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan materi garis dan sudut. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan wawancara melalui 4 langkah analisis yaitu menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Baik subjek bergaya pikir konkret maupun abstrak, meraka mampu belajar dengan aktif pada  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). (2) Kedua subjek memiliki kemampuan yang sama, akan tetapi subjek gaya berpikir kongkret lebih kuat dalam menyelesaikan masalah berupa soal gambar sedangkan subjek gaya berpikir abstrak lebih kuat dalam menyelesaikan masalah berupa soal uraian.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109-114.
Ni'mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
Rismayanti, E., Kartasasmita, B. G., & Supianti, I. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 154-167.
Setyawan, D., & Rahman, A. (2014). Eksplorasi proses konstruksi pengetahuan matematika berdasarkan gaya berpikir. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 140-152.
Anas, A. 2014 Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peran Guru, Gaya Belajar dan Gaya berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kebupaten Soppeng. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar. UNM Makassar 2014
Published
28-02-2021
How to Cite
Anas, A., Munir, N. P., & Kiki, K. (2021). DESKRIPSI GAYA BERPIKIR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 76-79. https://doi.org/10.30605/2615-7667.506