Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Genre Buku Pada Kalangan Generasi Milenial di Kota Medan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Tiwi Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rina Filia Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rima Aprilia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Buku merupakan salah satu media untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang baru, karena buku ibarat jendela dunia yang mampu menelusuri berbagai penjuru hanya dengan membaca buku. Setiap buku memiliki genre yang beraneka ragam, sehingga dapat menjadi opsi dalam menentukan bahan bacaan yang sesuai dengan minat masing-masing. Untuk mengetahui genre yang diminati dapat menggunakan sistem pengambilan keputusan. Sistem pengambilan keputusan adalah sistem yang mampu memberikan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada, sehingga hasil datanya terstruktur. Dalam penelitian ini, data diambil dari referensi terkait dan  hasil penyebaran kuesioner kepada Generasi Milenial di Kota Medan. Kemudian data diolah menggunakan metode Analytical Hierarchy  Process (AHP). Karakteristik khusus dari metode AHP ialah menghasilkan variabel yang mempunyai prioritas yang tertinggi sehingga memengaruhi pengambilan keputusan. Berdasarkan penelitian ini menghasilkan urutan kriteria dan alternatif paling prioritas dalam menentukan genre buku yang diminati oleh Generasi Milenial di Kota Medan. Peringkat prioritas kriteria yang tertinggi adalah kualitas dengan nilai 0,319 (31,9 %). Sedangkan peringkat prioritas alternatif yang tertinggi adalah genre self improvement dengan nilai 0,298 (29,8 %).

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dermawan, Rizky. (2019). Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Strategis. Bandung: Alfabeta.
Hutasoit. (2019). Genre Buku dan Penjelasannya. https://mikecarthy.com/macam-genre-buku/. Diakses pada tanggal 25 Januari 2021.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, BPS. (2018). Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: KPPA.
Malatesta, Mark. List of Book Genres. (2019). https://book-genres.com/genres-of-books/list-of-book-genres/.Diakses pada tanggal 27 Juli 2022.
P Z Razi et al. (2020). Selection of Best Consultant by using Analytical Hierarchy Process (AHP). IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 712 012016.
Rahmawati, R., & Wulandari, D. A. (2020). Decision Support System Using AHP Method For Teacher Performance Assesment. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 16(1), 13-18.
Sael, N., Hamim, T., & Benabbou, F. (2019). Implementation of the Analytic Hierarchy Process for Student Profile Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(15), pp. 78–93.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
18-07-2024
How to Cite
Rahayu, T., Sari, R. F., & Aprilia, R. (2024). Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Genre Buku Pada Kalangan Generasi Milenial di Kota Medan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 828-838. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4216