Etnomatematika : Eksplorasi Geometris pada Desain Bangunan Masjid Agung Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep-konsep geometri yang terdapat pada desain bangunan Masjid Agung Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Spradley dengan empat tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan pada desain bangunan Masjid Agung Surakarta terdapat konsep-konsep geometri. Konsep geometri yang didapatkan yaitu sudut (sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut lurus), bangun datar (persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, setengah lingkaran, lingkaran, jajar genjang, dan belah ketupat. Serta terdapat juga unsur-unsur setengah lingkaran), bangun ruang (kubus, balok, prisma, limas, tabung, dan prisma segidelapan (oktagon), transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi dan dilatasi), dan kekongruenan. Konsep geometri tersebut diantaranya tergambar dari bentuk ruangan, atap masjid, kerangka atap masjid, tiang masjid, mihrab, mimbar, jendela masjid, pintu masjid, ornamen masjid, menara masjid, gapura utama masjid, dan lantai masjid.
Downloads
Metrics
References
Exacta, A. P., & Hadiprasetyo, K. (2018). Tingkat Berpikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8, 125–137.
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 82–90.
Ingin, L. B. S. (2008). Karakteristik Bentuk Masjid Kerajaan Di Surakarta Kasus : Masjid Agung Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Muhadiyatiningsih, S. N., Bakri, S., Fathonah, S., & Imanti, V. (2022). Makna Filosofis Bangunan Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Gede Kraton Yogyakarta. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(1), 29. https://doi.org/10.22373/substantia.v24i1.10941
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1265
Penulis, T. (2014). Sejarah Masjid Agung Surakarta. ABSOLUTE MEDIA.
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Rahman, S. A., Fatimah, L., Hasanah, R. S., Kosasih, U., Nusantara, I., & Barat, J. (2022). Etnomatematika : Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi Pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. 4(2), 217–233.
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media dalam Penyampaian Konsep Geometri. 5(2), 235–257.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA.
Sumantri, G., & Sari, A. F. K. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai Media Belajar Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2721). https://doi.org/10.21831/pspmm.v5i1.233
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., & Sugiarti, T. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jami ’ Al-Baitul Amien Jember Ethnomathematics exploration at the Jami ’ Al-Baitul Amien Jember Mosque. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20.
Copyright (c) 2024 Susi Asih Budi Wahyuni, Afif Afghohani, Andhika Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.