Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis TaRL terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Segitiga

  • Noor Laila Khurniati Universitas PGRI Semarang
  • Heni Purwati Universitas PGRI Semarang
  • Y. Gatot Aji Suseno SMP Negeri 1 Semarang
  • M. Saifudin Zuhri Universitas PGRI Semarang
Keywords: pengaruh; problem based learning; TaRL; kemampuan literasi matematis

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat melihat pengaruh model PBL berbasis TaRL terhadap kemampuan literasi matematis siswa di materi kesebangunan segitiga. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif berbentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang dengan sampel penelitian yaitu kelas VII B sejumlah 34 siswa sebagai kelompok perlakuam dan kelas VII A sejumlah 34 siswa sebagai kelompok pembanding yang terpilih dengan teknik penelitian cluster random sampling. Analisa data dikerjakan dengan perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua sampel, serta uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai signifikasi pada uji t dua sampel adalah 0,001 yang artinya kemampuan literasi matematis  memakai model PBL berbasis TaRL lebih efisien dibandingkan dengan memakai model PBL saja. Pada perhitungan uji regresi linear sederhana menampilkan nilai koefisien determinasi 0,482 yang artinya terdapat pengaruh keaktifan sebesar 48,2% dalam hal kemampuan literasi matematis. Berlandaskan perhitungan tersebut, bisa ditarik kesimpulan jika kemampuan literasi matematis siswa dengan memakai model PBL berbasis TaRL mempunyai dampak yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afifah, B. A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2020). Penerapan Model Problem Based (PBL) Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.46
Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363.
Apriliani, P. I., Prayito, M., Jannah, F. M., Guru, P. P., & Semarang, U. P. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( Tarl ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9509
Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359
Afifah, B. A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2020). Penerapan Model Problem Based (PBL) Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.46
Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363.
Apriliani, P. I., Prayito, M., Jannah, F. M., Guru, P. P., & Semarang, U. P. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( Tarl ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9509
Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359
Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactial Matheatics, 1(2), 32–40.
Jan, C., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 31. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2048
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9405
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Rahma, I. U., & Nursasongko, A. (2024). Penerapan Model PBL Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI-1 SMA N 7 Semarang. 786–794.
Rismayanti, L., & Wahyuni, F. T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas VII. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 66–80.
Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1), 24. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348
Syarifudin, S., & Nurrahmah, N. (2023). Model Penguatan Literasi Dasar Siswa Kelas Awal melalui Pendekatan Teaching at the Ringht Level (TaRL). Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(2), 86–95. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.885
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Wahyuni, T., Makmur, A., & Rhamayanti, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. PeTeKa, 3(2), 170–179. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/3060
Published
18-07-2024
How to Cite
Noor Laila Khurniati, Purwati, H., Suseno, Y. G. A., & Zuhri, M. S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis TaRL terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan Segitiga. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 839-846. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4179