ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PLOTAGON STORY

  • Irene Karolina Samosir Universitas Negeri Medan
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Plotagon Story, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi Plotagon Story pada siswa SMP pada materi teorema phythagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 13 Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi teorema pythagoras berbentuk uraian dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kurang baik adalah sebesar 10,71%, siswa dengan kemampuan cukup baik adalah sebesar 28,57%, siswa dengan kemampuan baik adalah sebesar 42,86%, dan siswa dengan kemampuan sangat baik adalah sebesar 17,85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
12-07-2024
How to Cite
Samosir, I. K. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PLOTAGON STORY. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 777-784. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4157