Efektivitas Model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis

  • Mustaqfiroh Universitas PGRI Semarang
  • Nizaruddin Nizaruddin Universitas PGRI Semarang
  • Muhtarom Muhtarom Universitas PGRI Semarang
  • Annisa Kurniawati SMK N 7 Semarang
Keywords: Problem Based Learning Model, Culturally Responsive Teaching, Mathematical Literacy Skills

Abstract

Penelitian ini didorong oleh minimnya tingkat literasi matematis siswa, terutama dalam mencari solusi dari teks narqatif yang terkait dengan kehidupan sehari-hari yang berkenaan dengan budaya lokal. Dengan demikian, perlu adanya terobosan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, misalnya melalui pendekatan PBL yang terintegrasi dengan pengajaran yang responsif terhadap Budaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbasis Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan desain pre-experimental dimana peneliti hanya memiliki kelas perlakuan dan tidak memiliki kelas pembanding. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TTL 1 di SMNK N 7 Semarang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan memakai model PBL berbasis Culturally Responsive Teaching mencapai KKM, 2) Adanya peningkatan hasil belajar kemampuan literasi matematis sebelum dan sesudah di beri perlakuan, dan 3) Kemampuan literasi matematis siswa dengan model PBL berbasis Culturally Responsive Teaching lebih baik dari pada dengan model PBL saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
Franita, M. D. P. & Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4
Izzati, N. N., & Sulistiyoningsih, T. (2024). Meningkatkan Literasi Statistika dan Kerja sama Melalui Model Problem - Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. 1007–1016.
Jannah, M., Hakiky, N., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pbl Dalam Upaya Penanaman Literasi Matematis Di Sekolah Dasar. Euclid, 10(2), 431. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8590
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Maskhanah, D. T. S., Lestari, A. B., & Dewi, N. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pendekatan CRT ( Culturally Responsive Teaching ) dengan Alat Evaluasi Berbasis Kearifan Lokal Kesenian Gamelan Pada Materi Getaran dan Gelombang. Seminar Nasional IPA XIII, 593–599.
Nurhayati, N., Made Hermanto, I., Samatowa, L., & Gimnastiar, A. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan LIterasi Sains siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Normalita, 11, 493–502.
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Saputri, G. L., Wardono, & Karisudin, I. (2019). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 563–571. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29056
Sulistio, G., Nindiasari, H., & Jaenudin, J. (2020). Efektivitas Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter dan Budaya Lokal Siswa SMP di Kabupaten Lebak. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 267–277. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/8917
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Tareq Ghifari, M. E. F. H. R. (2023). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 134–150. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i2.10020
Published
09-08-2024
How to Cite
Mustaqfiroh, Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Kurniawati, A. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 937-944. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4073