Analisis Etnomatematika Anyaman Kiding di Jangkat sebagai Bahan Belajar Matematika

  • Antok Kurniawan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Aldino Aldino Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: Kiding, Etnomatematika, Bahan Belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak nya guru dalam mengajarkan matematika masih menggunakan media bantu yang sulit di pahami siswa dikarenakan media yang digunakan tidak berada disekitar siswa. Sementara itu, setiap daerah memeiliki budaya masing masing begitu juga di daerah jangkat kabupaten merangin provinsi jambi, Dimana disana terdapat budaya yang menarik Ketika Masyarakat menggunakan kidding dalam setiap kegiatan budaya yang dilakukan. Kerajinan kidding ini dapat jadi sumber belajar siswa dalam memahami matematika menjadi lebih mudah dan menarik. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis aspek matematika pada kerajinan kiding untuk pembelajaran matematika serta hubungan antara etnomatematika dan kidding yang berada di jangkat dapat dijadikan sumber belajar matematika. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap produk dan pengerajin kidding di jangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga aspek kerajinan kidding jangkat yang dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika: meliputi berhitung, mengukur, dan menjelaskan beberapa topik seperti Luas permukaan tabung, Volume bangun ruang 3 dimensi, Pola dan barisan bilangan

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alnasser, Y. A. (2020). The perspectives of Colorado general and special education teachers on the barriers to co-teaching in the inclusive elementary school classroom. Education, 3-13, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1776363
Bishop, A. J. (1990) Western Mathematics
Bishop, A. J (1997) Journal of Teacher Education
D'Ambrosio, U (1999) Literacy, Matheracy, and Technoracy
Gunawan, I. (2013) Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik (Jakarta: Bumi Aksara)
Hartoyo, A (2012) Jurnal Pendidikan Matematika
Hiebert, J., & Carpenter, T.P. (1992). Learning and teaching with under- standing. In: D. A. Grouns (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 65-92). New York: Macmillan.
Jurnal Shirley L, (2008) Kongres Internasional Pendidikan Matematika
Moleong, L. J (2015) Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Jurnal Lentera Pendidik, 15(1), hlm. 41-54.
Turgut, S., & Turgut, İ. G. (2020). Me while i am learning mathematics: Reflections to elementary school students’ drawings. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(1), 139–154. https://doi.org/10.26822/iejee.2020.179
Published
27-07-2024
How to Cite
Kurniawan, A., & Aldino, A. (2024). Analisis Etnomatematika Anyaman Kiding di Jangkat sebagai Bahan Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 920-925. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4019