Analysis of Students' Critical Thinking Skill in Terms of Visualizer and Verbalizer Cognitive Styles in Factoring Quadratic Equations

  • Fajar Arwadi Universitas Negeri Makassar
  • Sabri Sabri Universitas Negeri Makassar
  • Shafwan Shalihin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Visualizer-verbalizer Cognitive Style, Factoring Quadratic Equations, Critical Tinking Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan pemfktoran persamaan kuadrat yang ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan skema yang terdiri sdari dua tahap yaitu: (1) mengidentifikasi jenis gaya kognitif siswa ke dalam dua jenis visualizer atau verbalizer; selanjutnya melakukan analisis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SMP Negeri 19 pada 30 siswa kelas IX A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini visualizer-verbalizer questionnaire, tes penyelesaian masalah terkait pemfaktoran persamaan kuadrat, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
09-06-2024
How to Cite
Arwadi, F., Sabri, S., & Shalihin, S. (2024). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill in Terms of Visualizer and Verbalizer Cognitive Styles in Factoring Quadratic Equations. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 687-699. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3910