SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN NEWMAN

  • Farah Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar, Kesalahan Siswa, Newman, SLR

Abstract

Geometri merupakan materi yang perlu dipelajari, hal ini dikarenakan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi geometri yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah materi bangun ruang sisi datar. Namun, masih terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melakukan kajian literatur terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar menurut prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic literature review (SLR). Berdasarkan hasil penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan penulisan jawaban. 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afriani, M., & Ghazali, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. http://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/127

Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme, Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759

Amin, K., Kamid, & Hariyadi, B. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02).

Amni, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/13560

Darmawan, I., Kharismawati, A., & ... (2018). Analisis kesalahan siswa SMP berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/01/Analisis-Kesalahan-Siswa-SMP-Berdasarkan-Newman-dalam-Menyelesaikan-Soal-Kemampuan-Berpikir-Kritis-Matematis-pada-Materi-Bangun-Ruang-Sisi-Datar.pdf

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.1145/3132847.3 132886

Khatimah, K., Sa’dijah, C., & Susanto, D. H. (2017). PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI HAMBATAN BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME (Vol. 1, Issue 1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Lestari, A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN (Vol. 11, Issue 2).

Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/608

Makalunsenge, K. I. P., Tumalun, N. K., & ... (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENURUT PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIII …. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal). https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1129

Newman, M. A. 1977. An Analysis of Sixth-Grade Pupils’ Errors on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin. 39: 31-43.

Nurfadilah, A., Rahman Hakim, A., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13.

Rosyidi, Abdul Haris. 2005. Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Alkhoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Terkait dengan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah. Surabaya: Unesa.

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Published
27-07-2024
How to Cite
Farah Salsabila, Didi Suryadi, & Nurjanah. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN NEWMAN. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 893-900. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3862