Motivasi Belajar Matematika Menurut Neurosains bagi Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam Yogyakarta

Authors

  • Wayan Maharani
  • Monica Tiara Gunawan
  • Marcellinus Andy Rudhito Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3697

Keywords:

motivasi belajar, matematika, neurosains

Abstract

Pada pembelajaran matematika masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini berpengaruh kepada kemampuan matematika yang dimiliki oleh siswa.  Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui tingkat motivasi belajar matematika yang dipandang dari neurosains. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII D SMP Kanisius Gayam Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode penggumpulan data dengan kuisioner. Adapun instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan motivasi tipe A masuk dalam kategori tinggi mendapat rata-rata nilai 69, tipe B masuk dalam kategori tinggi mendapat rata-rata nilai 67,6, tipe C masuk dalam kategori tinggi mendapat rata-rata nilai 62,5 dan tipe X masuk dalam kategori cukup mendapat rata-rata nilai 60,33. Secara keseluruhan rata-rata nilai keempat tipe motivasi tersebut masuk dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danesi, M. (2022). Handbook of Cognitive of Mathematics. Toronto, ON, Canada: Springer Cham.

Freed, W. J. (2022). Motivasi and Desire: A New Way to Think about why We Do Everything and Its Basis in Neuroscience. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-031-10477-0_7

Saras, T. (2023). Dopamin: Molekul Kesenangan dan Kekuatan Motivasi. Tiram Media.

Astuti, R. S. S. D. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX SMPN 4 Bandar Lampung [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4779

Maharani, W. (2022). Analisis Kemampuan Spasial Peserta Didik Kelas VIII Setelah Pembelajaran Dengan Model ELPSA Berbantuan Geogebra Pada Materi Balok dan Kubus. [Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta].

Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2018). Mathematical representation: The roles, challenges and implication on instruction. Journal of Physics: Conference Series, 1097, 012152. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742–6596/1097/1/012152

Love, T. M. (2014). Oxytocin, motivation and the role of dopamine. Pharmacology Biochemistry and Behavior, 119, 49-60.

Syarifuddin, S. (2022). Teori Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Maharani, W., Tiara Gunawan, M., & Andy Rudhito, M. (2024). Motivasi Belajar Matematika Menurut Neurosains bagi Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam Yogyakarta. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 708–716. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3697