Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Himpunan
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kriteria Watson dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara, serta instrumen yang digunakan divalidasi terlebih dahulu oleh dua orang ahli. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu 1) Data tidak tepat disebabkan karena siswa salah memasukkan data ke dalam suatu himpunan; 2) Prosedur tidak tepat disebabkan karena siswa kurang teliti dalam mendata anggota suatu himpunan; 3) Data tidak disebutkan disebabkan karena siswa kurang memahami konsep himpunan; 4) Kesimpulan tidak disebutkan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam membaca perintah soal; 5) Konflik level respon disebabkan karena siswa kurang memahami maksud dari soal; 6) Manipulasi tidak langsung disebabkan karena siswa bingung dalam menyelesaikan soal; 7) Masalah hirarki keterampilan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan; 8) Selain ketujuh kriteria di atas disebabkan karena siswa bingung dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal sehingga waktu yang diberikan sudah habis dan tidak menuliskan jawaban.
Downloads
Metrics
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Adinawan, M. C. & Sugijono. (2007). Seribu Pena Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Amelia, D., Susanto, S. & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1) :1-4.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, J. & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1) : 484-500.
Cahyani, A. & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2) : 365-372.
Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huljannah, M., Sugita, G. & Anggraini. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2) : 164-176.
Indahsari, A. T. & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2) : 77-86.
Mafruhah, L. & Muchyidin, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1) : 24-35.
Mauliandri, R. & Kartini. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2) : 107-123.
Natsir, N., Tandiayuk, M. B. & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4) : 440–453.
Ningsih, N., Hariyani, S. & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kriteria Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) : 187-200.
Nurhayati, S. 2014. Buku Cerdas Kurikulum 2013 Ringkasan Materi, Pembahasan dan Rumus Lengkap Matematika. Jakarta: Kunci Aksara.
Raharti, A. D. & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1) : 77-100.
Ratnasari, S. & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Himpunan. Journal on Education, 1(2) : 473-479.
Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H. & Sudiran. Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.
Sanwidi, A. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika UNU Blitar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1) : 128-132.
Setiyawan, R. A. & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2) : 130-139.
Sudjana, N. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suharso & Retnoningsih, A. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.
Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2) : 165-190.
Wildana, Mustamin, S. H. & Nur, F. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menjawab Soal Program Linear Kelas XII IPA MAN 1 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1) : 75-82.
Copyright (c) 2024 Bunayya Bunayya, Rezki Ramdani, Andi Quraisy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.