Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Himpunan

  • Bunayya Bunayya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rezki Ramdani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Quraisy Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Analisis Kesalahan, Himpunan, Kriteria Watson

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kriteria Watson dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara, serta instrumen yang digunakan divalidasi terlebih dahulu oleh dua orang ahli. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu 1) Data tidak tepat disebabkan karena siswa salah memasukkan data ke dalam suatu himpunan; 2) Prosedur tidak tepat disebabkan karena siswa kurang teliti dalam mendata anggota suatu himpunan; 3) Data tidak disebutkan disebabkan karena siswa kurang memahami konsep himpunan; 4) Kesimpulan tidak disebutkan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam membaca perintah soal; 5) Konflik level respon disebabkan karena siswa kurang memahami maksud dari soal; 6) Manipulasi tidak langsung disebabkan karena siswa bingung dalam menyelesaikan soal; 7) Masalah hirarki keterampilan disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan; 8) Selain ketujuh kriteria di atas disebabkan karena siswa bingung dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal sehingga waktu yang diberikan sudah habis dan tidak menuliskan jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Adinawan, M. C. & Sugijono. (2007). Seribu Pena Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Amelia, D., Susanto, S. & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1) :1-4.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, J. & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1) : 484-500.

Cahyani, A. & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2) : 365-372.

Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huljannah, M., Sugita, G. & Anggraini. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2) : 164-176.

Indahsari, A. T. & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2) : 77-86.

Mafruhah, L. & Muchyidin, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1) : 24-35.

Mauliandri, R. & Kartini. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2) : 107-123.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B. & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4) : 440–453.

Ningsih, N., Hariyani, S. & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kriteria Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) : 187-200.

Nurhayati, S. 2014. Buku Cerdas Kurikulum 2013 Ringkasan Materi, Pembahasan dan Rumus Lengkap Matematika. Jakarta: Kunci Aksara.

Raharti, A. D. & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1) : 77-100.

Ratnasari, S. & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Himpunan. Journal on Education, 1(2) : 473-479.

Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H. & Sudiran. Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Sanwidi, A. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika UNU Blitar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1) : 128-132.

Setiyawan, R. A. & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2) : 130-139.

Sudjana, N. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suharso & Retnoningsih, A. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2) : 165-190.

Wildana, Mustamin, S. H. & Nur, F. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menjawab Soal Program Linear Kelas XII IPA MAN 1 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1) : 75-82.

Published
24-06-2024
How to Cite
Bunayya, B., Ramdani, R., & Andi Quraisy. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 717-724. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3615