Kemampuan Literasi Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Bantuan Google Sites Kelas XI

  • Shinta Widyasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Vita Istihapsari
  • Sri Widayati
Keywords: Mathematical Literacy, Problem Based Learning, Google Sites

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik dapat disebabkan proses pembelajaran matematika sehingga ketika menyelesaikan masalah kontekstual yang berbentuk soal cerita, peserta didik tidak mampu memecahkannya dengan tepat. Proses pembelajaran dapat diintegrasikan dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika melalui model pembelajaran problem-based learning dengan bantuan Google Sites. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-1 SMAN 2 Bantul yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan literasi matematika. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obervasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi siklus I yaitu 72,4 dengan ketuntasan 39%. Nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 93,6 dengan ketuntasan 100%. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dengan bantuan Google Sites pada kelas XI-1 SMAN 2 Bantul.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surrahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541

Dewi, N. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 210–219. Retrieved from http://190.119.145.154/handle/20.500.12773/11756

Erria, R., Buyung, B., Nirawati, R., & Paruntu, P. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Literasi Matematika. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 78. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4690

Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 27(1), 51–62. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/991

Monica, P., & Amidi. (2023). Systematic Literature Review : Kemampuan Literasi Matematika pada Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa, 119–128.

Nathaniela, H., & Esfandiari, N. S. (2023). Pengaruh Penggunaaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 1–6.

Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270

Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal : Pendidikan Sains, 10(3), 360–366. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

OECD. (2023a). Pisa 2022. The State of Learning and Equity In Education (Vol. I). https://doi.org/10.1787/53f23881-en

OECD. (2023b). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and Interpretations. OECD Publishing 2023, 1–72.

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://www.google.com.lb/books/edition/Panduan_Lengkap_Penelitian_Tindakan_Kela/5RF2EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=video+adalah&pg=PA74&printsec=frontcover

Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.

Samad, I., & Nur, M. A. (2024). Kemampuan literasi numerasi matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Proxsimal(Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika), 7(1), 100–107.

Sitompul, I., Muh Khaedir, L., & Ima Hilmiatur, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(2), 122–129. https://doi.org/10.37150/jp.v6i2.1879

Published
07-05-2024
How to Cite
Shinta Widyasari, Vita Istihapsari, & Sri Widayati. (2024). Kemampuan Literasi Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Bantuan Google Sites Kelas XI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 534-542. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3569