Penerapan Penerapan Spatial Autoregressive Model (SAR) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

  • Kenny Dwi Lorenza Program Studi S1 Statistika, Fakultas MIPA, Universitas Bengkulu
  • Stevy Cahya Pratiwi Program Studi S1 Statistika, Fakultas MIPA, Universitas Bengkulu
  • Della Puspita
  • Istiqomah Rabithah A. I. Program Studi S1 Statistika, Fakultas MIPA, Universitas Bengkulu

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indeks pembangunan manusia yang dipergunakan untuk pencapaian hasil dari pembangunan suatu daerah atau wilayah dalam tiga dimensi dasar yaitu lamanya hidup, pengetahuan atau tingkat pendidikan dan standar hidup layak. Untuk penggunaan variabel-variabel dalam penelitian yang memengaruhi Indeks Pembangunan Manusia yaitu Rata-Rata Lama Sekolah dan Pengeluaran per Kapita disesuaikan di provinsi Lampung pada tahun 2022. Metode operasional yang ada sekarang ini sebagian besar belum menggunakan pendekatan spasial. Pendekatan spasial atau pendekatan keruangan adalah pendekatan yang mengkaji rangkaian persamaan dari perbedaan fenomena geosfer dalam ruang. Di dalam pendekatan keruangan ini perlu diperhatikan adalah persebaran penggunaan ruang dan penyediaan ruang yang akan dimanfaatkan. Belum banyaknya penggunaan pendekatan sepasial sebagai perangkat analisis obyek, sehingga belum dapat memberikan gambaran pola penyebaran. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan suatu metode pendekatan spasial yang memungkinkan pengukuran Indeks Pembangunan Manusia beserta variabel-variabel yang mempengaruhinya ditampilkan dalam bentuk visualisasi untuk memberikan informasi yang mudah dipahami di analisis khususnya dalam hal membandingkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Rata-Rata Lama Sekolah dan Pengeluaran per Kapita Disesuaikan dapat mempengaruhi secara langsung Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Lampung tahun 2022. Dalam hal ini Indeks Pembangunan Manusia tidak hanya dipengaruhi variabel-variabel bebas namun terdapat efek spasial didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
19-02-2024
How to Cite
Kenny Dwi Lorenza, Stevy Cahya Pratiwi, Della Puspita, & Istiqomah Rabithah A. I. (2024). Penerapan Penerapan Spatial Autoregressive Model (SAR) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 267-279. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3444